Cut Anggi Dwi dari India : Anak Bangsa dalam kegiatan Internasional

25
Laporan: Cut Anggi Dwi Geubrina dari University Aligarh Muslim, India
Anak Bangsa dalam kegiatan Internasional di India

Aligarh Muslim University, terletak di negara bagian Uttar Pradesh di kota Aligarh merupakan universitas terbaik pertama se India. AMU banyak mengadakan konferensi international,  salah satunya International Conference yang diselenggarakan oleh Masood Husain Khan Linguistic Society,  dari Department of Linguistics.  Konferensi ini berfokus pada Applied Linguistics and Language Learning yang diadakan pada tanggal 18-19 Oktober 2017 lalu.

Peserta konferensi berjumlah 82 orang yang berasal dari berbagai kota di India dan mahasiswa asing.  Peserta dari India seperti dari Deccan College dari kota Pune,  Banaras Hindu University dari kota Varanasi,  Universiti ty of Lucknow dari kota Lucknow, Jawaharlal Nehru University dari kota New Delhi,  dan MGAHV Wardha CIIL dari kota Mysore.

Para peserta dari mahasiswa asing juga tidak kalah banyak seperti mahasiswa Jordan,  Yaman,  Hungaria dan tentu saja Indonesia. Pada konferensi internasional kali ini, peserta Indonesia berjumlah 2 orang dan kedua-duanya berasal dari Provinsi Aceh.

Yang pertama bernama Dedy Suhery merupakan pengajar di kota Langsa, melanjutkan jenjang S3 Department of Linguistics,  Aligarh Muslim University.

Beliau mempresentasikan hasil penelitian beliau yang berjudul Language Attitude of Singkil Students in the Context of Bilingualism: A Study of Sociolinguistics.

Yang kedua yaitu saya sendiri,  Cut Anggi Dwi Geubrina yang merupakan putri Aceh dari kota Lhokseumawe,  Alumni SMA Negeri 1 Lhokseumawe dan IAIN Malikussaleh Lhokseumawe. Melanjutkan jenjang S2 Department of English,  Aligarh Muslim University Saya mempresentasikan hasil penelitian saya yang berjudul Teaching Learning Strategy in Standard International School: Descriptive Qualitative Research at the IX class of SMA Negeri 1 Lhokseumawe.

Selain daripada itu pada tanggal 15 Oktobeer 2017, Aligarh Muslim University mengadakan acara tahunan International Cultural Fest di Kennedy Hall Auditorium. Acara ini diikuti oleh berbagai mahasiswa asing yang melanjutkan studi di AMU guna menampilkan dan memperkenalkan negara masing-masing.

Para peserta berasal dari Indonesia,  Thailand,  Yaman,  Jordan,  Iran, Mauritius, Bangladesh,  Palestina, Mesir,  dan IndIa sendiri.  Namun, karena acara ini adalah perlombaan maka India tidak masuk kedalam penilaian.

Indonesia menampilkan video Wonderful Indonesia dan dua persembahan tarian tradisional Muli Betanggai dari Provinsi Lampung dan Gemu Famire dari Provinsi NTT.

Alhamdulillah kerja keras para mahasiswa Indonesia dalam mempersembahkan yang terbaik membuahkan hasil yang luar biasa gemilang.  Penampilan dari Indonesia mendapat juara 1 pada Cultural Fest tahun ini.

Kami sangat bangga membawa dan memperkenalkan Negeri kami tercinta dimata dunia. Kami juga semakin banyak belajar bahwa hal seperti ini tidaklah sesulit yang kami bayangkan. Man jadda wa jada, dimana ada kemauan disitu ada jalan.  Semoga putra putri Indonesia khususnya Aceh semakin berjaya dan mengharumkan nama bangsa dimanapun kita berada.

Cut Anggi Dwi Geubrina
Alumnus IAIN Malikusaleh
Master of English Language Teaching
Faculty of Art
Aligarh Muslim University,  India.
Email. anggi.geubrina@gmail.com
Sumber : Aceh24

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here