Disdikbud Aceh Besar Gelar RDP Tentang SPT

38

SANTERDAILY.COM | ACEH BESAR Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Aceh Besar menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) tentang Sistem Pendidikan Terpadu (SPT) yang sebelumnya dikenal dengan istilah Fullday untuk mendapatkan masukan-masukan dalam rangka menerapkannya untuk SD dan SMP yang dimulai pada tahun ajaran baru ini.

RDP yang diikuti oleh Komisi 5 DPRK , MPD, Pengawas Sekolah, para kepala SD, SMP Negeri dan Swasta, Komite Sekolah, Lembaga Pendidikan Formal dan Informal, OKP dan ORMAS  Aceh Besar,  dilaksanakan pada hari Senin (25/062018) di BP PAUD dan DIKMAS Aceh, Lubok, Aceh Besar.

Plt. Kepala Disdikbud Aceh Besar,  Fata Muhammad, S. PdI. MM mengatakan, kita memperbaharui sistem pendidikan dengan terobosan baru dengan Sistem Pendidikan Terpadu (SPT).Ini merupakan kebijakan pemerintah kabupaten Aceh Besar, kita semua harus dapat menjalankan kebijakan tersebut.

“Komite Sekolah bagian yang tidak dapat kita pisahkan dari SPT ini, format apa yang harus kita tambahkan mari kita diskusikan bersama untuk kesempurnaan program ini, “harap Fata.

Sementara itu Ketua Komisi 5 DPRK Aceh Besar  Yusran M. Yunus MA menyebutkan SPT ini merupakan hal baru di daerah kita, namun di daerah lain sudah duluan dilaksanakan. Pembinaan pendidikan selama ini kurang menyentuh ke pembinaan karakter.

“Dengan SPT ini ingin kita perbaiki semua, kami dari  pihak legislatif mendukung program mulia dari Disdikbud, “pungkas Yusran.

Sementara ketua Majelis Pendidikan  (MPD) Aceh Besar, Prof. DR. Mustanir menyebutkan SPT bukanlah hal yang baru sebenarnya, karena dalam agama kita  Islam disyariatkan agar tidak memisahkan antara agama dan umum tapi harus terpadu dan utuh.

Dalam perjalanan RDP ada beberapa masukan dan pendapat yang muncul antara lain agar mengakomodir pendidikan agama dan melibatkan teungku dayah. Di samping itu perlu sinergitas dan integrasi dengan lembaga lainnya, juga penyusunan dan jadwal yang baik serta konsep pendidikan yang gembira agar tidak membosankan.

“Walau ada sebagian kecil  yang pro dan kontra, namun setelah kita beri pemahamannya mereka bisa menerima. Tetapi sebagian besar bisa menerima konsep SPT yang kita tawarkan, “ujar DR. Silahuddin, MA, yang juga anggota MPD diakhir  Rapat Dengar Pendapat.

Laporan  : Rusydi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here