Terkait Tulisan Hasanuddin Yusuf Adan, Masyarakat Aceh Besar Demo Serambi Indonesia

44

SANTERDAILY.COM | ACEH BESAR. Sejumlah massa yang tergabung dalam beberapa OKP/Ormas di Kabupaten Aceh Besar melakukan demonstrasi di kantor Harian Serambi Indonesia, gampong Meunasah Manyang, Ingin Jaya Aceh Besar, kamis (05/07/2018).

Aksi tersebut dipicu menyusul dimuatnya opini yang berjudul “Tumbangnya Pohon Besar di UIN Ar-Raniry” yang ditulis oleh Hasanuddin Yusuf Adan, tertanggal 03 Juli 2018.

Opini tersebut dinilai sangat provokatif, tendensius dan penuh ujaran kebencian, sehingga menimbulkan gejolak dan keresahan dalam masyarakat.

Di samping itu, tulisan yang sudah beredar luas dalam dua hari terakhir juga telah merusak nama baik seorang tokoh pendidikan Aceh Besar, DR. H. Farid Wajdi, MA. mantan Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Banda Aceh.

Tuntutan yang disampaikan massa antara lain, meminta pihak harian Serambi Indonesia untuk menganulir  tulisan Hasanuddin Yusuf Adan tersebut. Meminta  kepada manajemen harian Serambi Indonesia untuk meminta maaf atas dimuatnya opini tersebut.

Meminta kepada pihak Serambi Indonesia untuk tetap menjaga independensi pers sebagai media informasi publik dan tidak memuat hal-hal yang dapat menimbulkan perpecahan di masyarakat.

“Sementara kepada Hasanuddin diminta untuk segera mengklarisifikasi opini  tersebut dan meminta maaf kepada DR. Farid Wajdi, lima hari berturut-turut di harian Serambi Indonesia, “teriak seorang demonstran.

Akhirnya delegasi massa yang diwakili Darwis, SH, DR. Safir Iskandar Wijaya, DR. Mujiburrahman, DR. Silahuddin, DR. Khairan M. Nur dan Rahmat Aulia diterima  manajemen Serambi Indonesia di ruang pertemuan khusus.

Dalam pertemuan tersebut, pimpinan umum harian Serambi Indonesia H. Sjamsul Kahar didampingi Pimpinan Redaksi, Mawardi Ibrahim dan Wakil Redaktur Pelaksana, M. Nasir Nurdin, menerima semua tuntutan massa dan berjanji akan menyampaikan permohonan maaf di harian Serambi Indonesia edisi Jumat (06/07/2018) besok.

Setelah diterimanya sejumlah tuntutan oleh pihak Serambi Indonesia, massa membubarkan diri secara tertib. Adapun OKP/Ormas yang hadir diantaranya, Forum Silaturahmi Masyarakat Aceh Besar (Forsiar), Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Aceh Besar, Himpunan Mahasiswa Aceh Besar (HIMAB).

Selanjutnya  Solidaritas Mahasiswa dan Pemuda (Somada) Aceh Besar, Ikatan Pemuda Aceh Besar (IPAR), Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI) Aceh Besar, Pelajar Islam Indonesia (PII) Aceh Besar, GP Ansor dan sejumlah OKP/ Ormas lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here