Bupati Aceh Besar Launching SPT Dan Resmikan SMPN Ali Hasjmy

25

SANTERDAILY.COM | ACEH BESAR. Bupati Aceh Besar Ir. Mawardi me-launching Sistem Pendidikan Terpadu  (SPT)  sekaligus meresmikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri Ali Hasjmy di Kecamatan Indrapuri, Kabupaten Aceh Besar, Sabtu (14/7/2018). Dalam launching  SPT dan peresmian sekolah  SMPN Ali Hasjmy juga dirangkai dengan  pelantikan Komite sekolah tersebut.

Mawardi mengatakan, SMP Negeri Ali Hasjmy tersebut bukan hanya dijadikan sebagai sekolah terpadu yang menerapkan SPT, tetapi sekolah itu akan menjadi model. Yang nantinya masyarakat akan melihat bagaimana lulusan sekolah yang menerapkan sistem pendidikan terpadu tersebut.

“Sekarang belum kita terapkan boarding school. Kalau kita sudah siap asrama dan sebagainya baru bisa kita terapkan sistem boarding. Hari ini kita resmikan SMP unggul, ini adalah SMP terpadu yang memang merupakan program pendidikan di Kabupaten Aceh Besar,” kata Mawardi.

Mawardi juga berterimakasih kepada kepala sekolah yang telah menata sekolah tersebut dengan baik, hingga peresmian dan akan menyambut dimulainya tahun ajaran baru. Ia berharap, SMP Negeri Ali Hasjmy tersebut terus maju sehingga menjadi model pendidikan di Aceh Besar di tingkat SMP. Yang nantinya model ini akan dicontohkan sistem pendidikannya baik fisik, manajemen, hingga sistem komite sekolah.

“Kemudian juga sistem pendidikannya yang terpadu antara pendidikan umum dengan agama. Kita harapkan lulusan SMP ini adalah orang-orang yang cerdas mampu menguasai bahasa, ilmu pengetahuan dan kuat akhidahnya, inilah pendidikan berkarakter. Dan kita memperioritas pembangunan (sekolah) ini agar jadi pendidikan model di Aceh Besar tingkat SMP,” harap Mawardi.

Sementara itu, Kepala SMP Negeri Ali Hasjmy, Markhayani sebelum melakukan peresmian gedung SMP Negeri Ali Hasjmy tersebut, mereka terlebih dahulu membuka pedaftaran penerimaan siswa. Hingga tiba pada acara peresmian, sekolah tersebut telah memiliki siswa sebanyak 66 orang, dan akan mulai belajar pada tahun ajaran 2018-2019.

“Tahun pertama (sekolah beroperasi) kita akan terapkan full day. Untuk tahun kedua semi-boarding. Itu kita terapkan jika memungkinkan fasilitas asrama. Dan tahun ketiga kita akan terapkan full-boarding. Jadi tiga hari di sekolah, tiga hari di rumah, biar anak-anak kita suka di rumah dan juga suka di sekolah. Jadi istilahnya sekolah ku istana ku. Itu semua kita terapkan jika fasilitas memungkinkan,” kata Markhayani.

Lebih lanjut, kata Markhayani, sekolah tersebut baru dibangun. Tentu masih banyak fasilitas yang belum memadai. Mereka berharap kepada pemerintah untuk dapat memperhatikan SMP Negeri Ali Hasjmy. Seuntaian fasilitas yang belum ada seperti laboratorium bahasa, laboratorium komputer, asrama, dan fasilitas lainnya.

“Mudah-mudahan SMPN Ali Hasjmy ini akan kita ukir kata unggul (di namanya). Saya masih malu untuk mengucapkan unggul. Kita masih banyak memerlukan fasilitas yang masih sangat kurang sama kita,” ungkapnya.

Dalam acara peresmian itu juga turut dihadiri Ketua DPRK Aceh Besar Sulaiman, Sekretaris Daerah Aceh Besar Iskandar, Kajari Aceh Besar Mardani, Kepala Dinas Pendidkan Aceh Besar Fata Muhammad, perwakilan Majelis Pendidikan Daerah Aceh Besar, dan para undangan lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here