Terkait Pelaksanaan SPT, Disdikbud Aceh Besar Gelar Bengkel Konsultasi

44

SANTERDAILY.COM | ACEH BESAR. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Aceh Besar bekerjasama dengan Majelis Pendidikan (MPD) Aceh Besar menggelar sosialisasi dan bengkel konsultasi untuk guru pada sekolah yang melaksanakan Sistem Pendidikan Terpadu (SPT) baik jenjang Sekolah Dasar (SD) maupun Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Acara sosialisasi dan bengkel konsultasi tersebut diikuti oleh 400 orang guru, dilaksanakan pada rabu (01/8/2018) di auditorium lantai 3 FKIP Unsyiah, Darussalam, dengan narasumber Prof. DR. Mustanir dari MPD Aceh Besar  dan Fata Muhammad, S.PdI. MM dari Disdikbud Aceh Besar.

“Karena program ini relatif baru,  Tim  SPT tidak lepas tangan, namun mencoba mencari alternatif solusi yang bisa ditawarkan kepada satuan pendidikan dalam implementasinya di lapangan, “jelas Mustanir.

Mustanir mengatakan, hasil diskusi dengan para guru didapatkan kendala di lapangan diantaranya keterbatasan air untuk berwudhuk siswa dan kurang nyaman belajar untuk kegiatan siang hari.

“Solusinya, Tim menyarankan agar shalat  bisa dilaksanakan di masjid atau meunasah terdekat dan bekerjasama dengan imam setempat, sementara masalah kenyamanan ruang bisa ditanggulangi dengan melibatkan para orang tua siswa, “urai Mustanir.

Mustanir mengatakan, contohnya :  hasil diskusi dengan para guru didapatkan kendala di lapangan diantaranya keterbatasan air untuk berwudhuk siswa dan kurang nyaman belajar untuk kegiatan siang hari.

“Solusinya, Tim menyarankan agar shalat  bisa dilaksanakan di masjid atau meunasah terdekat dan bekerjasama dengan imam setempat, sementara masalah kenyamanan ruang bisa ditanggulangi dengan melibatkan para orang tua siswa, “urai Mustanir.

Sementara itu Fata Muhammad, S.PdI.MM sebagai narasumber kedua, senada dengan yang disampaikan narasumber pertama, bahwa kegiatan ini untuk menjaring keluhan dan kendala di lapangan yang dihadapi guru dalam pelaksanaan SPT dan mencari solusinya. “Memang masih banyak ditemukan hambatan-hambatan, namun kita berharap dapat berjalan dengan baik, “kata Fata Muhammad.

Seperti diberitakan sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Aceh Besar melaksanakan SPT melalui Disdikbud Aceh Besar yang dimulai pada tahun ajaran 2018/2019 ini dan telah di launching pada tanggal 09 Juli 2018 lalu, oleh Bapak Bupati Ir. Mawardi, Ali bersamaan dengan peresmian SMPN Unggul Ali Hasjmy.

Turut hadir pada acara sosialisasi dan bengkel konsultasi guru sekolah SPT   SD/SMP tersebut, Kepala Bidang Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan Disdikbud Aceh Besar, Agus Jumaidi, M. Pd.  dan Kepala Seksi Kurikulum  Disdikbud Aceh Besar, Cut Jarita, S. Pd.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here