Mawardi Ali Imbau Pegawai Di Aceh Besar Gunakan Pakaian Adat Dan Berbahasa Aceh Setiap Kamis

56

SANTERDAILY.COM | ACEH BESAR – Bupati Aceh Besar Ir. Mawardi Ali mengimbau kepada seluruh pegawai di jajaran Pemerintah Kabupaten Aceh Besar  mengenakan pakaian adat Aceh  dan berbicara dalam bahasa Aceh satu hari dalam sepekan, yakni setiap Kamis.

Hal itu disampaikan Mawardi ketika menghadiri acara temu ramah Bupati Aceh Besar dengan kontigen Aceh Besar dalam ajang Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke 7 di SMK Negeri Al-Mubarkeya, Kaye Lee, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, Minggu (19/8/2018) malam.

“Pak Sekda (Sekretaris Daerah Aceh Besar) ambil satu hari di kantor untuk Pemda Aceh Besar, untuk berbahasa Aceh. Satu hari dalam se-minggu tidak bicara bahasa Indonesia tetapi bahasa Aceh,  “ujar Mawardi.

Mawardi menjelaskan, selain berbahasa Aceh, katanya, pegawai juga harus mengenakan pakaian adat. Dan hal itu sudah akuinya diperintahkan agar para pegawai negeri sipil, maupun tenaga kontrak di jajaran pemerintah Aceh Besar untuk dapat  melaksanakannya.

Adapun tujuannya, kata Mawardi, yakni untuk melestarikan budaya dan bahasa Aceh itu sendiri. Sebab, katanya, anak-anak sekarang ini banyak diajarkan oleh orang tuanya berbicara dalam bahasa Indonesia, tetapi bahasa Aceh sebagai bahasa kita juga harus tetap diajarkan supaya bahasa daerah itu tetap terlestarikan. Dan seruan berbahasa Aceh serta mengenakan pakaian adat di Pemda Aceh Besar tersebut tidak melanggar aturan.

“Tujuan untuk melestarikan budaya dan juga bahasa, bahasa Aceh kita jangan pernah hilang.  Ini untuk mengembangkan bahasa daerah, itu tidak masalah, memakai pakaian adat  dan berbahasa daerah, “tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here