Harga Daging Meugang Di Kotafajar Capai 200 Ribu/Kg

30

SANTERDAILY.COM | ACEH SELATAN –Harga daging meugang di Kotafajar, Aceh Selatan menjadi harga daging paling mahal di dunia. Berdasarkan pantauan  media ini pada Selasa (21/8), harga daging meugang di Kotafajar adalah Rp. 200.000,-/kg.

Kondisi ini sangat memberatkan masyarakat terutama masyarakat dengan pendapatan ekonomi menengah ke bawah.

Salah seorang pedagang menyebutkan bahwa sudah biasa harga daging mahal saat hari meugang. Mereka beralasan bahwa permintaan daging  pada hari meugang sangat besar sehingga menjadi penyebab harga daging mahal. Mereka mengakui bahwa harga daging meugang mahal, meskipun demikian dagangan mereka tetap habis terjual.

Daging meugang yang dijual di pasar daging Kotafajar mayoritas daging kerbau. Sangat sedikit yang menjual daging sapi. Hal ini disebabkan konsumen di Kotafajar sangat menyukai daging kerbau. Tidak mengherankan jika di pasar tersebut sangat sulit mencari daging sapi bagi mereka yang menyukai daging sapi.

Mengingat daging meugang yang sangat mahal di Kotafajar, sudah sewajarnya pihak Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan maupun Pemerintah Aceh mencari jalan keluar agar harga daging meugang tidak lagi mencekik leher.

Bagaimanapun masyarakat pasti banyak mengkonsumsi daging pada hari meugang. Tetapi permintaan yang banyak tersebut jangan dimanfaatkan oleh pedagang daging untuk menaikkan harga daging sesuka hati.

Pemerintah seharusnya mengatur melalui regulasi harga daging yang dapat dijangkau oleh masyarakat.

Pantauan media ini, bukan hanya harga daging saja yang mahal namun harga ikan dan komoditas lain juga ikut naik dalam kategori yang tidak wajar.  Padahal Aceh Selatan memiliki kekayaan laut yang sangat besar. Demikian juga dengan komoditas pertanian dimana lahan pertanian sangat luas. Sangat tidak masuk akal jika harga ikan dan komoditas pertanian tersebut menjadi mahal.

Penulis    :  Darmawan
Editor     :  Rusydi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here