Nova Iriansyah : Tanpa Media Acara Ini Tidak Ada Apa-Apanya

46

SANTERDAILY.COM | BANDA ACEH–Plt. Gubernur Aceh, Ir. Nova Iriansyah membuka perhelatan Festival & Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Tingkat Nasional untuk jenjang SMA & SMK pada Senin (27/08/2018)  yang ditandai dengan penabuhan rapai  di halaman Stadion Harapan Bangsa Banda Aceh.

Mengawali sambutannya, Ir. Nova Iriansyah, MT mengapresiasi kerja dan peran media dalam memberitakan dan mendokumentasikan. “Tanpa media acara ini tidak ada apa-apanya, “ujarnya.

Lebih lanjut  Nova Iriansyah menyebutkan konsitusi negara kita mengamanatkan setiap warga negara harus memperoleh pendidikan.

“Pendidikan yang dimaksud adalah pendidikan yang tidak hanya menciptakan generasi unggul dan cerdas secara intelektual tapi juga memiliki aspek kecerdasan spiritual dan emosional yang berkaitan dengan apresiasi, kreasi dan ekspresi seni, “jelasnya.

“Untuk melahirkan generasi unggul itu, setiap sekolah tidak hanya menerapkan sistem pembelajaran formal saja, namun perlu menggagas berbagai ajang kreasi untuk memberi kesempatan kepada para  siswa mengembangkan bakat dan ketrampilannya, “lanjut Nova Iriansyah.

“Melalui ajang ketrampilan itu para siswa akan terdorong untuk berkarya dan selalu memotivasi anak didik kita untuk berprestasi baik di ajang provinsi, nasional bahkan internasional seperti prestasi anak kita yang barusan mendapatkan juara pada even internasional di Jepang, “pungkas plt. Gubernur Aceh.

Sementara itu Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendibud RI, Hamid Muhammad, Phd mengatakan kegiatan FLS2N ini tidak hanya mengenai estetika saja, namun mendorong siswa untuk mempunyai karakter yang baik.

Menurutnya, ada tiga tujuan mendasar kegiatan FLS2N ini. Pertama : menginginkan anak kita mampu merawat dan melestarikan seni budaya yang kaya di seluruh Indonesia.

Kedua : kita ingin menghimpun puncak-puncak prestasi siswa kita dari seluruh Indonesia.

Ketiga : merajut tali kebangsaan dan nasionalisme.

“Kami mengharap dapat menampilkan karya-karya kalian. Kalian merupakan perwakilan dari lebih kurang  sembilan juta siswa  SMA & SMK seluruh Indonesia, supaya dapat menampilkan yang terbaik, “tandasnya.

Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Syaridin, M. Pd, yang juga selaku ketua panitia  mengatakan FLS2N ini merupakan salah satu wadah untuk siswa mengembangkan diri di bidang seni dengan tema “menumbuhkan seni menguatkan karakter”.

“Provinsi Aceh untuk tahun 2018 ini dipercayakan sebagai tuan rumah FLS2N Tingkat Nasional untuk jenjang SMA &  SMK, sementara untuk jenjang  SD & SMP tingkat yang sama digelar di Bangka Belitung pada saat yang bersamaan, “lanjut Syaridin.

“Jumlah  peserta  mencapai 2000 lebih, terdiri dari siswa, offisial, guru pendamping bahkan orangtua siswa yang ingin menyaksikan langsung anaknya dalam mengikuti kegiatan tersebut, “urai  Syaridin.

“Adapun mata lomba yang dilombakan berjumlah 15 mata lomba, enam untuk SMK dan sembilan untuk SMA. Tapi ada satu mata lomba yang sama diperlombakan untuk SMA dan SMK, yaitu Desain Poster, yang pada tahun 2018 ini salah seorang siswa Aceh, Mujaddid Afif meraih medali emas pada ajang Internasional di Jepang, “jelas Syaridin.

“Kepada seluruh peserta untuk tampil semaksimal mungkin  dan kami berusaha untuk menjadi tuan rumah yang baik serta kami berusaha untuk dapat meraih juara umum, “harap Syaridin.

Pada acara pembukaan turut juga dihadiri Direktur Pembinaan  SMA & SMK Kemendikbud RI, unsur Forkopimda, Walikota Banda Aceh, para Kabid dan Kasi serta jajaran  Dinas Pendidikan Aceh, unsur  UPT Disdik dan para undangan lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here