Tiga SMAN Aceh Utara Ikut Lomba Kewirausahaan Nasional

31

SANTERDAILY.COM | ACEH UTARA—Tiga tim asal Aceh Utara melaju ke ajang Nasional Festival Inovasi Kewirausahaan Seluruh Nasional (FIKSI), yang selanggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan kebudayaan, 1-6 Oktober 2018 di Yogyakarta.

Tiga tim tersebut berasal dari SMAN 1 Tanah Luas, SMAN 1 Tanah Jambo Aye dan SMAN 1 Samudera. Koordinator KIR Pena Pasee  yang juga ketua IGI Aceh Utara, Qusthalani, S. Pd mengatakan ketiga tim tersebut akan  mengikuti lomba yaitu Bidang Boga, kerajinan dan Bidang lainnya.

“Mereka akan mengikuti penilaian tahap kedua yaitu wawancara dan Expo Kewirausahaan nantinya. “Alhamdulillah tahun ini merupakan tahun keeempat KIR Pena Pasee berhasil mengirimkan siswa pada ajang OPSI dan FIKSI tingkat nasional. Semoga sekolah lain bisa bergabung dan untuk 2019 kita akan melebarkan sayap ke wilayah barat yang belum tersentuh selama ini. Dimana titiknya akan kita fokuskan di SMAN 1 Muara Batu, “kata Qusthalani.

Qusthalani menyebutkan, dua siswa dari SMAN 1 Tanah Luas menginovasikan tanaman khas Aceh untuk dijadikan pengawet alami berjudul “Bio-Morlin”, sedangkan SMAN 1 Tanah Jambo Aye karya kewirausahaannya berjudul “Pakis Lepis Aceh” dan SMAN 1 Samudera yaitu “Ie Bu Peudah”.

Inovasi tersebut sudah dilakukan pengujian awal untuk melihat respon pasar. Sementara itu, Qusthalani juga akan mendampingi Tim sampai ke tingkat nasional nantinya,kepada media santerdaily.com menyatakan ada 958 rencana bisnis yang masuk dari seluruh Indonesia hanya 90 yang lolos menjadi finalis. Selain itu, guru pembimbing juga di undang untuk mendampingi siswa.

“Sebagai Koordinator KIR Pena Pase Aceh Utara  sangat berterima kasih kepada Kepala Sekolah  yang sudah berpartisipasi dan mau bergabung dalam Kelompok Ilmiah remaja ini. Dan mohon Doanya dari seluruh masyarakat Aceh semoga anak – anak kita, generasi aceh mampu dan bisa mengharumkan nama Aceh di tingkat Nasional, ” pungkasnya.

Penulis      : Khaidir
Editor       : Rusydi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here