Sukses Tingkatkan Pelayanan Publik, Wali Kota Banda Aceh Kembali Diundang Ke AS

76
Wali Kota Banda Aceh, H Aminullah Usman SE Ak MM sedang berbincang dengan Duta Besar India untuk Indonesia, Pradeep Kumar Rawat, Rabu (18/4/2018) di Balai Kota. Keduanya membahas kemungkinan kerjasama di sejumlah bidang. Foto/Surya

Jakarta – Pemerintah Kota Banda Aceh di bawah kepemimpinan Aminullah Usman dan Zainal Arifin dinilai sukses dalam upaya percepatan peningkatan pelayanan publik. Atas prestasi tersebut, Kementerian PAN-RB kembali mengundang Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman untuk mengikuti studi tiru ke Amerika Serikat.

Demikian diungkapkan oleh Kabag Humas Setdako Banda Aceh T Taufik Mauliansyah, Jumat (7/2018). “Wali Kota Banda Aceh diundang ke Amerika Serikat oleh Direktorat Pelayanan Publik Kementerian PAN-RB melalui Surat Nomor B/339/PP.99/2018 tanggal 4 Agustus 2018 tentang Undangan Partisipasi Kunjungan Kerja dan Studi Tiru Pelayanan Publik di Amerika Serikat.”

Menurut Taufik, sejatinya pada Maret silam Wali Kota Aminullah juga mendapat undangan ke Negeri Paman Sam tersebut dari pihak USAID untuk melakukan kunjungan kerja ke sejumlah instansi pengelolaan pengaduan dan pelayanan publik di Washington dan New York. “Namun kala itu batal karena ada kendala teknis administrasi dan sejumlah agenda penting di dalam negeri yang tak dapat ditinggalkan oleh wali kota.”

“Kali ini, kegiatan Kunjungan Kerja dan Studi Tiru Pelayanan Publik di Amerika Serikat akan dilaksanakan pada awal Oktober 2018 mendatang. Selain Wali Kota Banda Aceh, turut serta dalam kunjungan ini beberapa pejabat dari Kementerian PAN-RB, pejabat Polri, dan juga beberapa pemerintah daerah seperti Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Wali Kota Semarang dan Bupati Kendal,” kata Taufik.

Untuk tindaklanjut kegiatan tersebut, sambungnya, Wali Kota Banda Aceh telah mengikuti rapat persiapan teknis sekaligus mendengarkan penjelasan dari Deputi I Kemenlu RI tentang kemajuan pelayanan publik di Amerika Serikat pada Kamis (6/9) kemarin di Ruang Rapat Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemen PAN-RB.

“Rapat yang dibuka langsung oleh Deputi Pelayanan Publik Kemen PAN-RB Diah Natalisa tersebut diikuti oleh sejumlah pejabat tinggi di Kementerian PAN-RB, Polri dan perwakilan dari Pemprov Jatim, Pemko Semarang, dan Pemkab Kendal. Pada rapat tersebut Pak Wali turut didampingi oleh Kabag Administrasi Perekonomian Setdako Banda Aceh M Ridha,” katanya lagi.

“Tadi Pak Wali juga menyampaikan tujuan dari kegiatan ini untuk menambah wawasan, pengalaman, dan pengetahuan para penyelenggara pelayanan publik di Indonesia mengenai model pelayanan publik kelas dunia. Harapannya untuk dapat diadopsi dan ditiru dalam rangka peningkatan pelayanan publik di daerah masing-masing,” kata Taufik mengutip pernyataan wali kota.

Ia menambahkan, ada tiga kota di AS yang menjadi tujuan kunjungan kerja Aminullah dan rombongan yakni Chicago, Lexington, dan New York. “Di tiap kota itu nantinya delegasi dari Indonesia akan mempelajari sejumlah hal antara lain mengenai program peningkatan kepedulian warga, open data portal, traffic management, dan public safety,” katanya. (Jun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here