Dua Tokoh Aceh Jaya Akan Terima Anugerah Pendidikan Indonesia (API) 2018 

130

SANTERDAILY.COM |ACEH JAYA—-Sebagai wujud apresiasi dan pengakuan tertinggi kepada para tokoh pendidikan se-Indonesia atas dedikasi, perjuangan dan pengabdiannya terhadap dunia pendidikan, Ikatan Guru Indonesia (IGI) akan memberikan penghargaan anugerah pendidikan Indonesia (API) 2018 kepada 61 tokoh se-Indonesia dengan 9 kategori, kegiatannya akan belangsung jum’at 28 September 2018 di Jakarta Convention Center (JCC).

Beberapa pejabat negara dipastikan akan hadir untuk menyukseskan kegiatan dimaksud.
Acara penyerahan Anugera Pendidikan Indonesia (API) diprediksi akan berlangsung secara meriah, karena bertepatan dengan Rakornas IGI dan GESS atau pameran pendidikan internasional.

Dari sejumlah tokoh yang akan mendapatkan API 2018, terdapat 2 tokoh Aceh Jaya yaitu Drs.H.Irfan TB Bupati Aceh Jaya kategori Bupati dan Ir. H. Azhar Abdurrahman Wakil Ketua VII DPP Partai Aceh kategori Politisi. Kedua penerima tersebut akan didampingi oleh Maswadi, S.Pd ketua IGI Aceh Jaya.

Menurut Maswadi, terpilihnya Drs. H. Irfan TB dan Ir. H. Azhar Abdurrahman sebagai tokoh penerima API 2018, merupakan rekomendasi dari pengurus IGI Daerah Aceh Jaya dan Pengurus IGI Wilayah Aceh pada bulan Juli 2018.

“Pengabdian dan dedikasinya terhadap pendidikan luar biasa, mereka berhasil menempatkan pendidikan sebagai prioritas utama dalam meningkatkan sumber daya manusia di Aceh Jaya sehingga pendidikan di Aceh Jaya semakin maju dan berkembang, mereka patut dan layak mendapatkan anugerah tersebut, “tandasnya.

Ketua Tim seleksi Anugerah Pendidikan Indonesia Hj. Noor Baytie, SH, M.Pd melalui surat Nomor : 021.1/PPK/0557/VIII/2018, menerangkan yang bahwa menurut hasil seleksi, kedua tokoh dimaksud sangat layak diberikan anugerah pendidikan karena sesuai dengan juknis yang ditetapkan tim, dengan pertimbangan Drs. H. Irfan TB Bupati Aceh Jaya telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan di Aceh Jaya.

“Sejak terpilih sebagai Bupati tahun 2017, Irfan TB berhasi membuat berbagai kebijakan yang pro terhadap bidang pendidikan dan tertuang dalam program kerja kabupaten, alhasil tahun 2017 atau tahun pertama menjabat, beliau mampu mempertahankan kembali Juara Umum Bidang Pendidikan Tingkat Provinsi Aceh, sebelum menjabat Bupati,”ujarnya.

Ir. H. Azhar Abdurrahman merupakan Bupati Aceh Jaya Periode 2007-2017 ( 2 Periode ). Selama menjabat beliau mampu menempatkan pendidikan sebagai prioritas utama dalam peningkatan SDM dan pembangunan daerah, program-program yang dijalankan telah mampu meningkatkan mutu pendidikan secara signifikan di Aceh Jaya.

Dengan kegigihan Azhar, Aceh Jaya mendapatkan banyak apresiasi dan prestasi yang sangat membanggakan di bidang pendidikan pada waktu itu, salah satunya adalah menjadi Juara Umum bidang pendidikan tingkat provinsi Aceh tahun 2016 dan beberapa program pendidikan menjadi inspirasi bagi kabupaten lain se-Indonesia seperti Beasiswa Cerdas, malem dagang dan gerakan satu desa satu PAUD.

Atas pengabdiannya pada tahun 2017, Ir. H. Azhar Abdurrahman mendapatkan apresiasi dan dinobatkan sebagai “Bapak Pendidikan Aceh Jaya” oleh keluarga besar MGMP/MGBK, MKKS, MKPS SMA/SMK Aceh Jaya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here