Khairuddin, Guru SMA Negeri 1 Nurussalam Diundang SEAMEO ke Bangkok

111

SANTERDAILY.COM | ACEH TIMUR—Pergelaran aneka kegiatan oleh Southeast Asian Ministers of Education Organization atau organisasi perkumpulan Menteri Pendidikan se Asia Tenggara yang berpusat di Bangkok Thailand memberi keberkahan tersendiri bagi Khairuddin, guru di SMA Negeri 1 Nurussalam Aceh Timur.

Bersama dua guru lainnya yaitu Siti Zulaiha (Jawa Tengah) dan Umi Tira Lestari (Jawa Barat), Khairuddin memperoleh kehormatan mendapat undangan khusus dari Direktur SEAMEO Gatot Hari Priowirjanto untuk mengikuti berbagai kegiatan langsung dari Bangkok mulai tanggal 7- 15 Oktober 2018.

Khairuddin bersama guru-guru Indonesia tersebut diundang atas kontribusinya bersinergi dengan SEAMEO menyelenggarakan kegiatan secara online melalui video conference sebagai jawaban tantangan pendidikan era 4.0.

Khairuddin merupakan Koordinator Sarasehan dalam Jaringan (SADAR) IGI yang melaksanakan kegiatan setiap rabu malam dengan mengundang guru-guru hebat di tanah air menjadi pembicara dan tayangan ini bisa dinikmati secara gratis melalui streaming pada laman webex.

Selama di Bangkok, kegiatan yang diikuti oleh Khairuddin dan teman-teman berupa tinjauan langsung pengelolaan kegiatan Sea Creative Camp langsung dari secretariat SEAMEO. Sea Creative Camp merupakan pelatihan online bagi ratusan guru dan siswa se Asia Tenggara yang menghadirkan aneka pelatihan untuk menjawab tantangan Industri 4.0 bagi dunia pendidikan.

Pelatihan Sea Creative Camp meliputi 3D Printing, Applied Robotic, Virtual Reality, Augmented Reality, Smart School, Healthy Canteen, Internet of Things, Fashion Design, Game Development, Urban Agriculture dan Waste Recycling.

Selain itu, Khairuddin dan teman-teman akan mengikuti kegiatan WorldDIDAC SEAMEO, yaitu kegiatan International Expo dan Seminar yang menghadirkan para eksekutif pendidikan, pendidik, dosen, pelatih dan profesional pendidikan serta distributor dan penyedia sumber daya kelas dunia di bawah satu platform.

Berfokus pada teknologi terbaru, kemitraan, praktik terbaik yang tidak konvensional, dan berbagi kebijakan di antara ASEAN dan dari seluruh dunia, acara ini memposisikan diri sebagai pintu gerbang ke pasar pendidikan di 10 negara ASEAN.

Mengakhiri kunjungan Bangkok, Khairuddin dan teman-teman akan dibawa berkunjung ke Sekolah Indonesia Luar Negeri di Thailand.[]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here