Sekolah Sukma Bantu  MTsS Paloh Punti Melalui Kegiatan Community Service

109

SANTERDAILY.COM | LHOKSEUMAWE—Dalam rangka tahun Baru Islam 1440 Hijriah, Sekolah Sukma Bangsa Lhokseumawe melaksanakan kegiatan Community Service di MTsS Baburrahman Paloh Punti, Lhokseumawe, pada kamis (27/09/2018).

Terdapat dua agenda utama dalam pelaksanaan kegiatan Community Service. Pertama, membuat 8 perpustakaan mini (reading corner). Kedua, praktikum sains.

9Untuk membuat perspustakaan mini, tim yang terdiri dari 15 orang siswa beserta guru pendamping, bekerja layaknya tim bedah rumah di salah satu stasiun televisi swasta. Dalam waktu sesingkat-singkatnya, tim menyulap ruang kelas yang sebelumnya kosong, menjadi berisi dengan adanya area baca lengkap dengan rak dan buku.

Sedangkan Praktikum sains, tim terdiri dari 10 orang siswa dan guru pendamping, melakukan praktikum sederhana, seperti membuat air pelangi dan tulisan ajaib.

Siswa MTsS Baburrahman sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Ketua Yayasan MTsS Baburrahman, Tgk. Ridwan, mengaku sangat bahagia atas kehadiran tim dari Sekolah Sukma Bangsa Lhokseumawe. “Kami berterima kasih sekali kepada Bapak-Ibu, adik-adik, yang telah sudi berkunjung ke tempat kami dengan membawa banyak bantuan” Ucap Tgk. Ridwan penuh haru.

“Anak-anak yang bersekolah di sini awalnya adalah anak-anak yang putus sekolah dan anak yang kurang mampu. Kemudian, diajak bersekolah dan menginap di sini dengan kondisi kamar seaadanya hanya beralas tikar, “anjut Tgk. Ridwan.

MTsS Baburrahman adalah lembaga pendidikan umum sekaligus pondok pesantren yang dibangun secara bergotong royong oleh masyarakat setempat. Kondisnya sangat memprihatinkan dengan ruang kelas seadanya. Saat ini, tercatat tidak kurang dari 30 peserta didik yang terdiri dari kelas VII hingga kelas IX.

Kegiatan Community service ditutup dengan penyerahan bantuan dari Sekolah Sukma Bangsa Lhokseumawe, berupa Al-Quran, perlengkapan mengajar guru, Paket buku, Alat tulis, serta kasur tempat tidur para siswa.

Tgk. Ridwan memotong pita, sebagai tanda peresmian perpustakaan mini di ruang kelas MTsS Baburrahman. Semua hadirin bersorak dan bertepuk tangan sebagai bentuk kebahagiaan. Kini MTsS Baburrahaman telah memiliki perpustakaan mini yang sudah siap dipakai untuk kegiatan literasi. Majulah Literasi untuk mewujudkan Aceh Caroeng.

Penulis : Darmawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here