BKM Masjid Babul Maghfirah Gelar  9 Kegiatan Semarakkan Ramadan 1440 H

146

SANTERDAILY.COM | ACEH BESAR—Ketua Umum Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Masjid Babul Maghfirah, Gampong Tanjung Selamat, Kecamatan Darussalam, Kabupaten Aceh Besar, Wirzaini Usman Al-Mutiarai menyampaikan sambutan pada malam pertama ramadhan Minggu (5/5/2019).

Pada ramadhan tahun ini tepatnya 1440 H, Wirzaini Usman mengajak semua jamaah yang hadir di Masjid Babul Maghfirah agar menjadikan ramadhan kali ini seolah-olah ramadhan kita yang terakhir.

“Dengan mengkondisikan suasana batin kita seperti itu, maka akan timbul motivasi untuk meningkatkan ibadah menjadi lebih baik dari ramadhan sebelumnya,” ungkapnya.

Oleh karena itu, mantan Kabag. Humas Pemko Banda Aceh ini mengingatkan kepada segenap pengurus BKM, remaja masjid, kelompok pemuda, dan masyarakat secara keseluruhan untuk meningkatkan kerja sama, serta bahu membahu untuk memakmurkan masjid kebanggaan kita bersama yang sudah dengan susah payah kita bangun.

Selanjutnya ia mengatakan guna menyemarakkan ramadan tahun ini dan dalam rangka memakmurkan masjid dengan menghidupkan malam-malamnya, BKM Babul Maghfirah telah menyiapkan serangkaian program yang akan dijalankan.

Program-program tersebut di antaranya:

1. Daurah Tahfidz Nasional

Program ini kerjasama dengan lembaga tahfizh El-Mas’udy, yang memfokuskan pada hafalan Al-Quran. Target peserta kegiatan ini adalah anak-anak berusia remaja atau usia SD/SMP.

Program hafalan Al-Quran dalam short time (waktu singkat) ini berupaya mencetak kader-kader penghafal Al Quran dalam jangka waktu 20 hari dengan target hafalan 3 juz.

2. Training Public Speaking

Program capacity building bidang kehumasan dan presentasi ini diperuntukkan bagi para remaja dan pemuda terutama remaja masjid yang selama ini sering tampil sebagai Master of Ceremony (MC) pada kegiatan-kegiatan di lingkup masjid Babul Maghfirah.

Sasaran dari program pelatihan ini adalah menghasilkan para MC yang berkompeten, siap tampil, dan berani bicara di depan umum.

3. Buka Puasa Bersama

Kegiatan buka puasa bersama memang sudah rutin dilakukan setiap ramadhan tiba. Acara buka puasa bersama digelar setiap waktu berbuka di ruang serba guna masjid Babul Maghfirah, Gampong Tanjung Selamat.

Tujuan kegiatan ini selain menghidupkan suasana ramadhan dan kemakmuran masjid, juga untuk meningkatkan hubungan ukhwah islamiyah antar warga baik pemuda maupun tokoh-tokoh masyarakat. Acara bukber mulai dilakukan sejak 2 Ramadhan 1440 H.

4. Tadarrus Al-Quran

Guna menghidupkan malam ramadhan, kegiatan BKM selanjutnya adalah mengadakan tadarrus Al Quran pada malam hari sejak setelah shalat tarawih usai dilaksanakan.

Selain karena tradisi, tadaruss Al Quran juga sebagai syiar agama dan melaksanakan perintah mengkhatamkan Al Quran minimal satu kali selama ramadhan.

Tadaruss Al Quran dilakukan oleh warga Gampong Tanjung Selamat terutama para remaja masjid dan pemuda yang masih memiliki kemampuan bergadang sampai pagi (menjelang sahur).

5. Safari Tadaruss Pemkab Aceh Besar

Sebagai daerah yang menerapkan syariat islam dalam bidang kehidupan sosial masyarakat, Pemerintah Kabupaten Aceh Besar telah menyiapkan sebuah program yang dijalankan selama bulan puasa.

Program dan kegiatan tersebut diberi nama Safari Tadaruss. Kegiatan ini berupa kunjungan tim safari yang dibentuk oleh Pemkab Aceh Besar untuk melaksanakan syiar agama ke masjid-masjid setiap gampong di seluruh kecamatan dalam Kabupaten Aceh Besar. Tim ini akan menyemarakkan tadarus di Masjid-masjid dengan mengirim qari-qari terbaik Aceh Besar.

Tim safari tadarus pemkab bekerjasama dengan IPQAH Aceh Besar mengirim qari-qari terbaiknya.

Untuk jadwal tim safari ramadhan Pemkab Aceh Besar di masjid Babul Maghfirah Gampong Tanjung Selamat yaitu pada malam 17 Ramadhan 1440 H atau 27 Mei 2019.

6. Safari Ramadhan oleh Satpol PP/WH Aceh

Kegiatan berikutnya yang bakal dilaksanakan oleh BKM Masjid Babul Maghfirah adalah menerima kedatangan tim safari ramadhan dari instansi Satpol PP/WH Provinsi Aceh. Tim safari ini akan berkunjung ke Gampong Tanjung Selamat yakni pada malam 16 Ramadhan 1440 H atau sebelum tim Kabupaten Aceh Besar.

7. Qiyamul Lail pada 10 Ramadhan terakhir

Pelaksanaan Qiyamul Lail pada masjid Babul Maghfirah tergolong program baru yang dijalankan sepanjang masjid tersebut berdiri. Walaupun hal ini masih bersifat rencana namun masyarakat berharap agar niat ini dapat terwujud.

8. Pengajian Setiap Ahad Shubuh

Sebagaimana biasanya, di masjid Babul Maghfirah selalu atau secara rutin telah dilakukan kegiatan pengajian bagi masyarakat umum. Jika diluar ramadhan dilaksanakan setiap malam Jumat, maka selama ramadhan waktu belajar pindah ke hari Ahad pada saat usai shalat shubuh berjamaah.

9. Pengajian rutin kitab Fiqih ini (Sirajuth Thalibin) diasuh oleh Ustaz Muhammad Idham.

Itulah serangkaian program kegiatan yang dilaksanakan oleh BKM Masjid Babul Maghfirah selama bulan ramadhan dalam rangka melakukan syiar Islam dan menghidupkan malam ramadhan sebagai tanggung jawab bersama untuk memakmurkan masjid. []

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here