Hindari Narkoba demi Kemajuan Indonesia

68

SANTERDAILY.COM | OPINI–IMPIAN menjadi negara maju adalah harapan yang telah lama ditanam. Bahkan semua negara di dunia. Terlebih kita sebagai warga Indonesia pasti mempunyai impian besar untuk menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara maju di dunia.

Sebagaimana kita ketahui, Indonesia memiliki pesona alam dan laut yang indah, juga kandungan dalam laut berupa ikan-ikan yang melimpah. Kandungan dalam perut bumi berupa minyak, gas, emas dan lainnya yang jauh dari kata habis, bahkan sepanjang masa. Tetapi semua itu tergantung kepada kita sebagai warga negara. Sampai kapan kita tinggal diam melihat Indonesia terus tertinggal, ekonomi rendah, pendidikan jauh dari kata cukup? Mari kita bangun dari tidur panjang, kumpulkan energi positif semata-mata mewujudkan mimpi kita untuk menjadikan Indonesia sebagai negara hebat dan kuat.

Untuk menciptakan sebuah negara maju, dimulai dari generasi muda yang memiliki tekad dan prinsip tangguh demi kemajuan bangsa ini. Bukan generasi lemah, yang hanya mengandalkan kekayaan dan kekuasaannya saja.

Bagaimana kita menyiapkan generasi yang tangguh? Ini lah tugas kita sebagai penyuluh, yaitu dengan memberikan penyuluhan kepada generasi muda tentang bahaya narkoba. Sebagaimana kita ketahui, kini narkoba hampir menguasai anak-anak muda di seantero Indonesia.

Tentunya hal itu dapat membahayakan kelangsungan hidup bangsa ini di kemudian hari. Karena generasi muda yang kita harapkan untuk menjadikan Indonesia maju semakin hari kian rapuh. Akibat zat-zat yang terkandung di dalam narkoba tersebut. Alhasil, generasi muda yang tangguh akan menjadi generasi muda yang lemah dan hanya tinggal kenangan. Realita kehancuran pemuda akibat narkoba telah terbukti. Banyak yang rusak masa depan, bahkan merusak masa depan orang lain akibat narkoba.

Adapun sasaran utama kita sebagai penyuluh adalah para remaja dan pemuda yang berumur 10 sampai dengan 23 tahun. Sebab mereka sangat rentan terjebak dengan benda haram itu. Pendekatan yang dapat kita lakukan dengan mengadakan penyuluhan ke sekolah-sekolah, dan ke tempat tempat pengajian, seperti Taman Pendidikan Alquran (TPA). Dengan cara memberikan informasi yang benar dan jelas tentang bahaya penyalahgunaan narkoba. Serta mendoktrin dampak negatif yang timbul akibat penyahgunaan narkoba tersebut. Langkah pencegahan tersebut mesti dipercepat, sebelum mereka mencobanya langsung berdasarkan informasi kawan yang tidak baik.

Perlu juga melakukan kerja sama dengan orang tua dan guru di sekolah. Sebagaimana kita ketahui _madrasatul ula_ seorang anak adalah di rumahnya, yaitu orang tua.

Jadi yang sangat mempengaruhi karakter seorang anak adalah lingkungan rumah dan sekitarnya. Bagaimana orang tua menanamkan pendidikan agama sejak dini pada anak. Jika sejak usia dini anak sudah diajarkan akidah yang kuat, Insyaallah ke depannya akan mudah membentuk mereka menjadi generasi muda yang tangguh.

Oleh karena itu, kita selaku penyuluh, orang tua, dan masyarakat harus selalu dapat bersinergi untuk membentuk generasi muda yang hebat, generasi muda yang jauh dari narkoba, generasi milenial yang kreatif. Insyaallah ke depan generasi muda kita dapat mejadikan Indonesia sebagai bangsa maju, serta bebas pengaruh buruk narkoba.

Sri Mutia
Penyuluh Informasi Publik (PIP) Kominfo RI, dan Penyuluh Agama Islam di KUA Peukan Bada, Aceh Besar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here