Dana Desa Sumber Kemakmuran

26

SANTERDAILY.COM | OPINI—Dikucurnya dana desa sejak kepemimpinan Jokowi membuat masyarakat tersenyum sumringah. Aparatur desa pun mulai bekerja intensif, inovasi, dan profesional. Hal itu dilakukan untuk kemakmuran masyarkat desa, dan pembangunan fasilitas publik yang layak.

Dapat kita liat dan rasakan bersama dengan adanya dana desa setiap tahun. Masyarakat bisa lega dalam hal apa pun untuk meciptakan desa maju, baik di segi memodalisasi masyarakat dalam bentuk pengembangan ekonomi, dan beberapa program penting lainnya yang sekarang dapat dinikmati masyarakat.

Masyarakat harus memamfaatkan kesempatan tersebut. Dana desa yang dianggarkan oleh pemerintah pusat wajib dikelola secara maksimal. Terobosan pembangunan baik jangka panjang dan jangka pendek harus mendapatkan perhatian dari dana desa.

Pemimpin desa dan masyarakat harus profesional mengelola anggaran, supaya tidak hanya menjadi ladang sementara dalam misi menjalankan kemakmuran bersama.

Jika tidak dimanfaatkan sebaik mungkin, tidak mustahil ke depan kesempatan mengelola dana desa tidak ada lagi. Pada pemerintahan selanjutnya belum tentu menyetujui dana desa tetap ada setiap tahun.

Ini lah peluang emas bagi aparatur dan masyarakat desa. Tingkatkan kompetensi diri dalam memaksimlkan penggunaan anggaran. Sehingga anggaran kecil itu menjadi sumber kemakmuran dan kemajuan kita bersama.

Melalui dana desa, kususnya bagi rakyat Aceh, yang beberapa tahun lalu dilanda krisis moneter, komplik yang berkempanjangan, dan selanjutnya kita ditimpa musibah yang sangat dahsyat, yaitu gempa dan tsunami. Tentu dengan kondisi tersebut masyarakat Aceh banyak membutuhkan dukungan moral dan modal untuk menata kembali kemakmuran serta kesejahteraan masyarakan, baik pembangunan gedung, modal usaha, dan kebutuhan lainnya.

Maka dengan adanya dana desa, masyarakat sangat bersyukur. Walau pun Aceh telah porak-poranda akibat gempa dan tsunamk, namun warga bisa bangkit kembali, terutama dengan adanya dana desa.

Maka kami menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat, agar sama-sama menjaga, dan memamfaatkan dana desa sesuai prosudur yang berlaku. Supaya dana desa ini bisa membuahkan hasil kemajuan dan kesejahteraan bersama pada tingkat desa.

Khairul Amni
Penyuluh Informasi Publik (PIP) Kominfo RI, Penyuluh Agama Islam pada KUA Kuta Cotgle, Aceh Besar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here