Wakil Walikota Lhokseumawe Raih Penghargaan API Tahun 2019

SANTERDAILY.COM | LHOKSEUMAWE-Wakil Walikota Lhokseumawe, Yusuf Muhammad, SE., MSM katagori salah seorang wakil kepala daerah se Indonesia, meraih penghargaan Anugerah Pendidikan Indonesia (API). Penghargaan tersebut diserahkan secara langsung oleh Ketua Umum Ikatan Guru Indonesia (IGI), Muhammad Ramli Rahim yang disaksikan oleh delegasi Mendikbud, delegasi Menteri Agama, Vice President PT. Samsung Electronic Indonesia, Mr. Lee Kang Hyun, pihak penyelenggara Global Educational Supplies and Solutions (GESS), pengurus IGI pusat dan daerah, serta penerima API lainnya dari seluruh Indonesia.

Kegiatan penghargaan API berlangsung sebagai bagian dari Konferensi Pendidikan Internasional GESS pada Jumat (20/9) di gedung Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta. Saat menerima API, Yusuf Muhammad didampingi oleh Ketua IGI Kota Lhokseumawe, Jon Darmawan, S.Pd., M.Pd sebagai pengusul. Yusuf Muhammad meraih penghargaan API dalam kategori Wakil Walikota.

Yusuf Muhammad dinilai telah berkontribusi dan berinovasi nyata kepada dunia pendidikan di Kota Lhokseumawe. Diantaranya memfasilitasi kegiatan Satu Guru Satu Buku (Sagusaku IGI) sehingga puluhan guru mampu menulis buku, komitmen dalam mewujudkan Lhokseumawe sebagai kota literasi sehingga tercipta sudut baca di beberapa sekolah, serta kegiatan inovasi lainnya.

Ketua Umum IGI, Muhammad Ramli Rahim dalam sambutannya menjelaskan bahwa penerima API dari IGI bekerjasama dengan GESS diberikan kepada mereka yang telah memberikan banyak konstribusi dan inovasi nyata terhadap tumbuh kembangnya dunia pendidikan di berbagai daerah di Indonesia. Proses penetapan penerima API diawali dengan beberapa tahapan dan penilaian yang sangat matang oleh tim yang dibentuk IGI.

“Nama-nama calon penerima API diajukan oleh IGI Wilayah dan Daerah se-Indonesia, kemudian diproses, diverifikasi secaara faktual, dievaluasi, dan diputuskan yang berhak menerima API. Terima kasih saya ucapkan kepada penerima API yang telah memberikan konstribusi serta membangun inovasi nyata bagi dunia pendidikan. Saya berharap komitmen ini terus berlanjut sampai kapanpun” ucap Ramli dalam sambutannya.

Wakil Walikota Lhokseumawe, Yusuf Muhammad, SE., MSM mendedikasikan penghargaan tersebut kepada masyarakat Kota Lhokseumawe, para guru, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Lhokseumawe, serta berbagai pihak yang telah bekerja keras dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Yusuf Muhammad juga mengucapkan terimak kasih kepada IGI Kota Lhokseumawe yang telah mengusulkan dirinya sebagai salah seorang nominator penerima API.

“Syukur Alhamdulillah atas penghargaan API yang sangat membanggakan ini. Saya persembahkan penghargaan ini untuk masyarakat Kota Lhokseumawe. Penghargaan ini semakin memotivasi saya untuk terus memberikan konstribusi positif dan berinovasi untuk kemajuan dan perkembangan dunia pendidikan khususnya di Kota Lhokseumawe” jelas Yusuf Muhammad secara singkat.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Lhokseumawe melalui Sekretaris Dinas, Drs. Ikhwansyah, MA menyampaikan ucapan selamat kepada Wakil Walikota yang telah menerima penghargaan API. Menurutnya pihak dinas sangat mendukung setiap kegiatan yang dilakukan IGI dalam rangka memajukan pendidikan di Kota Lhokseumawe. Pemerintah sangat antusias memajukan pendidikan, terbukti dengan dukungan dalam program literasi, Sagusaku, serta pemberian penghargaan kepada guru penulis buku.

“Kedepan kita sudah merencanakan setiap momen hari pendidikan kita berikan penghargaan oleh pemerintah bagi guru berprestasi terutama tingkat provinsi dan nasional. Baik prestasi dalam menulis buku, membimbing siswa, maupun berbagai prestasi lainnya yang diukir guru Kota Lhokseumawe” jelas Ikhwansyah.[]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here