Lagi, Dekranasda Banda Aceh Gelar Pelatihan Tenun Songket Aceh

  • Whatsapp

SANTERDAILY.COM | BANDA ACEH–Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Banda Aceh kembali menggelar pelatihan tenun songket motif Aceh.

Pelatihan yang diikuti oleh sepuluh perajin asal Gampong Lamgugob, Kecamatan Syiah Kuala, tersebut dibuka oleh Wakil Ketua Dekranasda Fauziah, Selasa (01/10/2019) di gedung Dekranasda setempat.

Read More

Dalam sambutannya, Fauziah mengatakan Dekranasda merupakan mitra pemerintah yang turut serta berperan aktif dalam mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Dekranasda merupakan salah satu mitra pemerintah yang turut serta berperan aktif dalam mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat, maka dari itu pelatihan demi pelatihan diadakan untuk setiap kelompok perajin di setiap gampong guna mengembangkan kreativitas masyarakatnya,” ujarnya.

Fauziah juga mengatakan pelatihan tersebut merupakan pelatihan lanjutan dari tahun sebelumnya guna mempermahir perajin dalam merancang tenun songket motif Aceh. “Tenun songket motif Aceh merupakan warisan budaya lokal yang harus kita pertahankan keunggulan dan kualitasnya.”

Fauziah berharap agar para perajin mengikuti pelatihan dengan serius guna meningkatkan ekonomi kreatif terutama meningkatkan ekonomi masyarakat Banda Aceh.

Menurut laporan Ketua Panitia Teuku Ilham, pelatihan tersebut digelar selama 24 hari kerja dimulai dari 1 s/d 28 Oktober 2019 di Gedung Dekranasda Banda Aceh.

Related posts