Siswa SMAN 10 Fajar Harapan Belajar Hydroponic di SMAIT Fajar Hidayah

  • Whatsapp

SANTERDAILY.COM | ACEH BESAR—Siswa SMA Negeri 10 Fajar Harapan berkunjung ke SMAIT Fajar Hidayah dalam rangka silaturahim dan belajar cara bercocok tanan sayuran dengan menggunakan system Hydroponic.

Rombongan dari SMAN 10 Fajar Harapan di pimpin oleh Evi susanti,S.Pd dengan membawa 60 siswa dan siswi kelas X

Read More

Kepala SMAIT Fajar Hidayah, Afwadi, MPd dalam sambutannta mengatakan ini adalah kegiatan yang sangat bagus yang dilakukan oleh kedua sekolah di samping sebagai silaturrahim kita dapat berkolaborasi dengan sekolah sehingga kita dapat saling berbagi ilmu pengetahuan yang dimiliki di antara kedua sekolah.

Sementara itu ketua rombongan SMAN 10 Fajar Harapan, Evi susanti S.Pd menyampaikan terima kasih atas sambutan yang diberikan kepada mereka serta mengajarkan para siswa kami bagaimana mengelola hydroponic di sekolah nantinya.

Kegiatan workshop Hydroponic diisi oleh Tim Hydroponic Sekolah Fajar Hidayah. Sebagai informasi di Sekolah Fajar Hidayah sudah memulai kegiatan hydroponic semenjak akhir tahun 2017 sampai dengan saat ini, ahamdulillah terus berkembang.

Peserta workshop sangat antusias dalam mendengarkan kegiatan ini, peserta dibagi dalam 3 kelompok setiap kelompok terdiri dari 20 orang.

Kelompok pertama mendapatkan kesempatan melakukan kegiatan perkenalan alat yang digunakan dalam pengelolaan hydroponic mereka diperkenalkan bahan bahan yang digunakan seperti, Air, ph meter, tds meter, nutrisi ab mix sayuran,rokwol dan cara menyemai benih.

Kelompok 2 mendapatkan kesempatan melakukakan pengamatan langsung ke green House Fowlie Hydroponic Farm Fajar hidayah dibimbing oleh Mahbengi Arve disini anak-anak mengamati proses menanam, merawat , memanen serta memasarkan sayuran.

Sedangkan kelompok 3 belajar bagaimana mengelola mini set hydroponic untuk bisa dijalankan di SMAN 10 Fajar Harapan. Disini diajarkan bagaimana mengisi air, mengecek kadar ph,suhu air dan Tds meter dan pengaturan hidup motor air yang ada di dalam boks air.

Tim Hydroponic Sekolah Fajar Hidayah sudah memproduksi mini set hydroponic dan ahamdulillah sudah tiga sekolah yang menggunakannya di antaranya, SMP IT Bunayya, SMPN 1 Pekan Bada,  dan SMAN 10 Fajar Harapan. ” Jika ada pihak yang mau pesan kami siap memproduksinya,” ujar pihak SMAIT Fajar Hidayah.

Related posts