171 Kepala Sekolah Ikuti Pelatihan Peningkatan Mutu dan Manajemen 

  • Whatsapp

SANTERDAILY.COM | NAGAN RAYA–Sebanyak 171 Kepala SD dan SMP se-Kabupaten Nagan Raya mengikuti pelatihan peningkatan mutu dan manajemen, kegiatan tersebut diselenggarakan di SKB Suka Makmue mulai tanggal 05 sampai dengan 06 Sepetember 2019, dan dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nagan Raya DR. Harbiyah. G, M.Pd.

Dalam sambutannya, Harbiyah menekankan pentingnya penguasaan manajemen bagi seorang kepala sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan. Karena maju mundurnya sebuah satuan pendidikan sangat tergantung pada kepala sekolah.

“Jika kepala sekolah kurang paham terhadap manajemen, maka peningkatan mutu pada satuan pendidikan akan lamban,” jelas Harbiyah.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari penuh, menghadirkan Prof. Husaini Usman, Dosen Universitas Yogyakarta sebagai narasumber utama dan didampingi oleh dua narasumber dari Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Wilayah Aceh.

Menurut Husaini, ada empat tipe guru yang ada di sekolah, (1) Guru malas dan tidak pandai, maka guru seperti ini harus sering diajari dan dilakukan pendekatan persuasive oleh kepala sekolah. (2) Guru tidak pintar tetapi rajin, guru dengan tipe ini harus ditawari pekerjaan, karena biasanya tidak tahu harus berbuat apa untuk meningkatkan mutu di sekolahnya. (3) Guru mampu tetapi tidak mau, guru seperti ini setiap kali harus diminta untuk ikut berpartisipasi pada kegiatan yang diselenggarakan di sekolah. (4). Guru pintar dan mau, guru seperti ini sebaiknya diberi kepercayaan oleh kepala sekolah untuk menangani permasalahan atau program-program disekolah.

Husaini menambahkan, biasanya guru yang pintar dan mau bekerja, tidak suka jika diberi kepercayaan setengah-setengah oleh kepala sekolah, dan sebaiknya diberi kepercayaan penuh walaupun dalam pelaksanaannya butuh pengawasan dari pimpinan.

Salah seorang kepala sekolah berprestasi di Nagan Raya Misnan, S.Pd, disela-sela kegiatan menyampaikan kepada acehcarong.acehprov.go.id. bahwa para kepala sekolah merespon dengan baik, program pelatihan manajerial yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Nagan Raya.

“Saya sangat mengapresiasi program tersebut, bahkan berharap pelatihan seperti ini sering dilakukan. Mengingat pada umumnya kepala sekolah di Kabupaten Nagan Raya masih kurang pengetahuan tentang manajerial,” pungkas Misnan.

Related posts