50 Murid TK RUMAN Aceh Ramaikan Manasik Haji Cilik

  • Whatsapp

SANTERDAILY.COM |  BANDA ACEH–Sebanyak 50 murid Sekolah Taman Kanak-kanak (TK) Lembaga Pendidikan Rumah Baca Aneuk Nanggroe (RUMAN) Aceh ikut serta meramaikan dan memeriahkan rangkaian kegiatan manasik haji cilik pada Sabtu (5/10/2019) lalu.

Kegiatan tersebut dihelat oleh pusat kegiatan gugus (PKG) Kecamatan Jaya Baru di halaman Masjid Al Musyahadah -yang terkenal dengan julukan “Kupiah Meukeutob”, di Gampong Seutui, Banda Aceh.

Read More

Ke 50 murid tersebut didampingi oleh 11 bunda guru dan 5 relawan RUMAN Aceh. Mereka terhimpun dalam kloter 9. Turut hadir pula beberapa orang tua murid yang melihat dari luar arena.

Kepala Sekolah TK RUMAN Aceh, Dara Puspita S.Pd., mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk mengenalkan tatacara pelaksanaan ibadah haji yang menjadi rukun Islam kelima sejak usia dini.

“Pengenalan manasik haji merupakan bagian dari kurikulum yang berupaya memberikan pemahaman kepada anak didik tentang cara melaksanakan ibadah haji yang ditunaikan jutaan umat islam dari seluruh dunia setiap tahunnya”, ujar Dara.

Setiap anak, ujar Dara menambahkan, adalah titipan Allah yang harus dijaga, dibimbing dan dibina dalam semua aspek kehidupan.

Sehingga mereka hadir menjadi generasi yang seimbang antara IMTAQ (iman dan taqwa) dengan IPTEK (ilmu pengetahuan).

“Semua rukun haji dilakukan anak-anak bersama buru mereka dengan riang gembira. Terlebih lagi di momen tahallul, saat bunda guru berakting memotong sebagian rambut mereka dengan gunting”, imbuh Dara tersenyum.

Sebagai informasi, pada tahun ajaran 2019/2020 ini, sebanyak 64 anak dhuafa dari total 76 murid, bisa bersekolah secara gratis di TK RUMAN Aceh.

Setiap anak dhuafa tersebut mempunyai donatur tetap yang berbagi rezeki sebesar Rp 350.000 setiap bulan untuk biaya sekolah.[]

Related posts