SMAN 1 Tanah Jambo Aye Duta Kamtibmas Aceh Utara Tahun 2019

  • Whatsapp

SANTERDAILY.COM | ACEH UTARA– Muhammad Suhaimi dan Sofia Annisa, siswa SMAN 1 Tanah Jambo Aye ditetapkan sebagai Duta Pelajar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) Aceh Utara Tahun 2019 untuk kategori putra dan putri.

Keduanya berhak mendapatkan uang pembinaan masing-masing sebesar 3 juta rupiah serta akan mewakili Aceh Utara pada kegiatan yang sama di tingkat provinsi. Sementara juara II diraih Fauzan Fahreza dan Salsabil Asyifa (SMAN 3 Putra Bangsa).

Read More

Sedangkan juara III diraih Faizil Amru (SMAN 1 Banda Baro) dan Intan Syarfina (SMAN 1 Lhoksukon). Juara II dan juara III berhak membawa pulang uang pembinaan masing-masing senilai 2 juta rupiah dan 1,5 juta rupiah.

Kegiatan seleksi Duta Kamtibmas yang dilaksanakan oleh Cabang Dinas pendidikan Wilayah Kabupaten Aceh Utara bekerjasama dengan Polres Aceh Utara ini berlangsung selama dua hari berturut-turut (9-10 Oktober 2019) di Aula SMA N 1 Samudera, Geudong.

Sebanyak 56 siswa dari 28 SMA/SMK se-Aceh Utara bersaing secara ketat. Di hadapan para dewan juri yang berasal dari unsur kepolisian, peserta wajib mempresentasikan pandangan mereka terkait Kamtibmas. Selain itu, mereka juga harus mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dewan juri.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Aceh Utara, T. Aznal Zahri, SSTP., M. Si usai menyematkan selempang kepada duta terpilih mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan pihaknya bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya pemahaman dan kesadaran siswa dalam program Kamtibmas, memasyarakatkan pemahaman wawasan dan empat pilar kebangsaan Indonesia, membangun semangat nasionalisme dalam diri generasi bangsa sejak dini serta membangun dan membina persahabatan antar siswa sehingga dapat memperkukuh persatuan bangsa.

Sementara itu, Kasat Binmas Polres Aceh Utara, AKP Teguh Yano Budi saat memberikan arahan kepada peserta mengatakan kegiatan seperti ini sangat bagus serta dapat mendorong generasi muda Aceh berpikir positif dan menumbuhkembangkan wawasan kebangsaan serta menjauhi penyalahgunaan Narkoba.

Kasie Manajemen GTK dan Mutu Kesiswaan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Aceh Utara, Abdul Manan, S. Pd, M. Si selaku ketua panitia pelaksana menjelaskan bahwa duta terpilih dalam waktu dekat akan mewakili Aceh Utara pada kegiatan yang sama di tingkat provinsi.

“Mudah-mudahan mereka mampu meraih prestasi yang menggembirakan di tingkat provinsi nantinya,” ujarnya.

 

Related posts