Disdik Pidie Jaya Gelar Penguatan Kepala Sekolah

  • Whatsapp

SANTERDAILY.COM | PIDIE JAYA–Disdik Pidie Jaya menggelar peningkatan kompetensi kepala sekolah. Kompetensi tersebut melalui program pendidikan dan pelatihan (diklat) Penguatan Kepala Sekolah (PKS) .

Digelarnya diklat ini, sehubungan dengan telah di tetapkannya Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 6 tahun 2018. Kepala Sekolah mempunyai kewajiban memimpin, membangun tata kelola dan budaya mutu di Sekolah sehingga berdaya saing tinggi dan berkualitas.

Read More

Dan ini salah satu satu kebijakan perioritas Pemerintah Kabupaten untuk berupaya meningkatkan mutu pendidikan, dengan menyiapkan Kepala Sekolah yang kompeten dan mampu berpikir visioner dalam memimpin dan mengelola sekolahnya.

“Karena itu saya minta agar para kepala sekolah mengikuti pendidikan dan pelatihan ini harus benar–benar memanfaatkan momen ini untuk bisa meningkatkan mutu pendidikan di sekolah nanti,” kata Kadisdik Pidie Jaya, Saiful, M.Pd saat membuka secara resmi kegiatan Pendidikan dan Pelatihan bagi Kepala Sekolah Tingkat TK dan SD Se-Kabupaten Pidie Jaya, di Aula LPMP Aceh, Banda Aceh, Selasa (15/10).

Dia juga mengharapkan agar para kepala sekolah mampu memberikan semangat dan penghargaan kepada para guru, tenaga kependidikan, peserta didik agar mampu menggapai prestasi dan memiliki inovasi untuk maju.

“Kepala Sekolah dalam perannya sebagai supervisor harus mampu berperan sebagai pemimpin instruksional dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran abad 21 sesuai dengan konsep pendekatan keterampilan berpikir dan berkarakter,” pintanya

Sementara Makmurrizal, M.Pd selaku pelaksana kegiatan mengatakan tujuan Kegiatan Ini untuk memperkuat kompetensi kepala sekolah pada Manajerial, Kewirausahaan, Supervisi, Kepemimpinan, Penguatan Pendidikan Karakter dan Pengembangan Sekolah Berdasarkan 8 Standar Nasional Pendidikan, dengan jumlah peserta berjumlah 27 orang kepala sekolah, yang terdiri dari Kepala TK : 23 orang, Kepala SD : 4 orang. Kegiatan ini berlangsung selama 8 hari dari tanggal 14 s.d 21 Oktober 2019, yang bertempat di LPMP unit II Neuheun. Kab.Aceh besar, kesemua peserta diasramakan.

Materi dalam Diklat ini diantaranya literasi digital, teknik analisis manajemen, pengelolaan keuangan, pengelolaan kurikulum, supervisi PTK, supervisi PK Guru, kepemimpinan perubahan, pengembangan kewirausahaan, dan pengembangan Sekolah berdasarkan 8 SNP, disampaikan oleh narasumber dari LP2KS solo dan materi kebijakan kementerian disampaikan oleh kepala LPMP Aceh Dr. Muslihuddin, M.Pd serta materi kebijakan daerah oleh Sekda Pidie Jaya nantinya.

Related posts