SD Negeri 1 Lambheu Peringati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia

  • Whatsapp

SANTERDAILY.COM | ACEH BESAR–Sejak tahun 2008, PBB menetapkan tanggal 15 Oktober diperingati sebagai Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia (HCTPS).

Tema HCTPS tahun ini adalah tangan bersih untuk semua, sehingga yang menjadi fokus yaitu semua memiliki kesempatan untuk melakukan cuci tangan, termasuk peserta didik di sekolah.

Dalam rangka mengkampanyekan Hari Cuci tangan pakai sabun sedunia yang jatuh pada hari Selasa 15 Oktober 2019 SD Negeri 1 Lambheu Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar melaksanakan beberapa agenda kegiatan yaitu gatong royong atau kerja bakti membersihkan lingkungan sekolah yg dimulai dr pukul 07.30 sampai selesai, kemudian dilanjutkan dengan praktek Cuci Tangan Pakai Sabun Bagi semua peserta didik secara bergantian.

Setelah praktek Cuci Tangan Pakai Sabun selesai dilanjutkan dengan sarapan bersama dihalaman sekolah dimana sebelumnya anak anak sudah dianjurkan membawa bekal sarapan dari rumah masing-masing.

Pada kesempatan itu semua guru pun ikut sarapan bersama dengan para peserta didik.

Muhammad Jafar S.Pd selaku Kepala Sekolah melaporkan bahwa Tujuan dari peringatan HCTPS ini adalah penurunan angka kematian anak-anak akibat penyakit diare yang timbul karena kurangnya akses pada air bersih, sarana sanitasi dan sarana cuci tangan.
Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) merupakan langkah kecil untuk memulai hidup sehat.

Perilaku sederhana ini bisa melindungi peserta didik dari penyakit seperti diare dan saluran pernapasan.

“Pembiasaan praktek cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir merupakan salah satu kegiatan yang dapat dilakukan sekolah dalam menjalankan program UKS dan sebagai bagian dari implementasi penguatan pendidikan karakter (PPK). Nilai inti PPK seperti gotong royong, kemandirian, serta integritas,” tutupnya.

Related posts