Fata Muhammad : Perlu Pelibatan Aktif Komite Sekolah

  • Whatsapp

SANTERDAILY.COM | ACEH BESAR—Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Sekdisdikbud) Aceh Besar, Fata Muhammad SPdI MM, mewakili Kadisdikbud menjadi pemateri pertama pada rakor Forum Komunikasi Komite Sekolah (FKKS) yang diselenggarakan MPD Aceh Besar pada Rabu (16/10/2019) bertempat di Aula SMK Al-Mubarkeya, Ingin Jaya.

Dalam materinya tentang Manajemen Berbasis Sekolah, Fata Muhammad SPdI MM menyampaikan adanya otonomi dalam dunia pendidikan yang bertujuan untuk memandirikan sekolah atau lembaga, sehingga otonomi pendidikan mempunyai tujuan untuk memberi suatu otonomi dalam mewujudkan fungsi manajemen pendidikan kelembagaan, dalam hal ini keterkaitan Komite Sekolah dan Masyarakat.

Read More

“Otonomi pendidikan yang benar harus bersifat accountable, artinya kebijakan pendidikan yang diambil harus selalu dipertanggungjawabkan kepada publik, karena sekolah merupakan institusi publik atau lembaga yang melayani kebutuhan masyarakat.

Fata melanjutkan berkenaan dengan manajemen berbasis sekolah ada beberapa yang perlu kita kawal :

– Kurikulum, solusi yang dijalankan pemerintah Aceh Besar dengan lahirnya Sistem Pendidikan Terpadu (SPT).

– Kesiswaan, sistem zonasi yaitu penerimaan siswa menurut tempat tinggal.

– Guru, Aceh Besar defisit defisit guru hampir 1000 orang.

– Keuangan, Biaya Operasional Sekolah (BOS), belum bisa menkover segala kebutuhan sekolah untuk itu perlu dukungan komite sekolah.

– Sarpras, kami terus memenuhi kebutuhan sarpras di sekolah, walaupun tidak semuanya terpenuhi.

– Hubungan Masyarakat, perlu banyak publikasi yang disampaikan kepada masyarakat.

“Perlu pelibatan aktif komite sekolah, semakin banyak masyarakat yang berpartisipasi dalam satu lembaga pendidikan maka akan jauh lebih baik”, tegas Fata.[]

Related posts