Politeknik Kutaraja Gelar Seminar Pendidikan Vokasi dan Hubungan Dunia Kerja

  • Whatsapp

BANDA ACEH—Politeknik Kutaraja, Aceh, Indonesia untuk kesekian kalinya menggelar even internasional bertajuk Pendidikan Vokasi dan Hubungan dengan Dunia Kerja.

Even internasional yang berlangsung pada Rabu, 19/02/2020 tersebut dengan tema, “Let’s Reach Our Future Trough Vocational Education and Look Upon It As Challenges and Opportunities”.

Read More

Panitia pelaksana kegiatan Desy Puspita didampingi Project Officer Indra Akbar kepada media mengatakan acara ini menghadirkan pembicara utama Puan Yusma bt Yusof dari Politeknik Tuanku Sultanah Bahiyah (PTSB) Negeri Kedah,Malaysia.

“Politeknik Kutaraja memang sudah lama telah melakukan MoU dengan PTSB, maka inilah salah satu kegiatan yang merupakan implementasi kesepahaman tersebut.” ujar Desy yang diiyakan Indra Akbar.

Selain Puan Yusma bt Yusof, dua pembicara lainnya yaitu Wardayani atau akrab dipanggil Cici dari Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen (STIM) Sukma Medan, Sumatera Utara serta Direktur Politeknik Kutaraja, Supriyanto.

Dalam paparannya Puan Yusma bt Yusof menyebut bila pendidikan vokasi sangat terkenal di negara-negara maju. Seperti di Jerman, China, termasuk di Malaysia.

“Kontribusi pendidikan dan pelatihan vokasi amat besar peranannya dalam meningkatkan ekonomi negara. Industri senantiasa boleh bekerja sama dengan institusi vokasi untuk pekerja yang punyai skill match ngan kebutuhan company.” papar Yusma.

Dia melanjutkan, “model pengajaran dan pengajian di vokasi sebagaimana pada Politeknik sangat berbeza dengan di university. Politeknik mencetak student menguasai project.”

“Maka bagi siapa-siapa yang kuliah di institusi vokasi mudah direkrut oleh perusahaan-perusahaan untuk dijadikan sebagai pekerja di bidang industri tertentu.” Yusma menambahkan.

Hadir pada International Talkshow kali ini siswa-siswa SMA di sekitar Banda Aceh dan Aceh Besar, dosen, pimpinan perguruan tinggi, perusahaan relasi, dan kalangan masyarakat umum. (*)

Related posts