Presiden Jokowi Tinjau Pembangunan Jalan Tol SIBANCEH

  • Whatsapp

ACEH BESAR— Bupati Aceh Besar Ir, Mawardi Ali Bersama Plt. Gubernur Aceh Nova Iriansyah mendampingi Presiden Indonesia Joko Widodo meninjau pembangunan proyek tol Banda Aceh-Sigli. Tepatnya, di simpang susun Blang Bintang. Jum’at 21 Februari 2020.

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo melakukan kunjungan kerja selama dua hari ke Provinsi Aceh, hari ini (21/2) sampai besok (22/2). Ada dua agenda besar Jokowi. Pertama mengunjungi proyek nasional yang ada di daerah berjulukan Serambi Makkah tersebut. Kedua, bersilaturahmi dengan masyarakat Aceh pada kenduri kebangsaan di Sekolah Sukma Bangsa, Bireuen.

Read More

Menurut Jokowi, tol Banda Aceh-Sigli sepanjang 74,2 kilometer pembebasan lahannya lancar. Justru pekerjaan rumah dari pembangunan tol ini adalah mengejar kecepatan konstruksi. “Alhamdulillah Tol Banda Aceh ke Sigli 74 km pembebasan tanahnya berjalan dengan sangat baik, sehingga Pak Dirut dari Hutama Karya sampaikan pembebasan lahan sudah rampung,” katanya.

“Ini berkat semua. Gubernur dan bupati setempat memberikan penjelasan yang baik kepada masyarakat tentang pembangunan tol. Ini proses cepat sekali, baru groundbreaking 14 bulan yang lalu,” kata Jokowi.

Ia pun memastikan seksi IV Indrapuri-Blang Bintang akan bisa digunakan pada libur Lebaran tahun ini.

“Yang dijawab pak Dirut bisa (dipakai lebaran) Insya Allah 14 kilometer,” kata Jokowi.

Simpang susun Blang Bintang merupakan salah satu bagian dari seksi IV proyek tol Banda Aceh-Sigli. Seksi ini menghubungkan Indrapuri-Blang Bintang sejauh 14 km. Dari 6 seksi pembangunan, Indrapuri-Blang Bintang paling jauh progress fisiknya dengan progress 77%.

Seksi lainnya adalah, Padang Tiji-Seulimeum sepanjang 26 km, Seksi Seulimeum-Jantho sepanjang 6 km, dan seksi Jantho-Indrapuri sepanjang 16 km. Kemudian Blang Bintang-Kutabaro sepanjang 8 km, dan Kutabaro-Simpang Baitussalam sepanjang 5 km.

Bupati Aceh Besar Ir. Mawardi Ali juga berharap bahwa jalan tol SIBANCEH dapat segera rampung dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Aceh. “mudah-mudahan cepat selesai dan dapat dinikmati oleh masyarakat Aceh,” katanya.

Ia menjelaskan, pemerintah Aceh Besar akan terus mendukung penuh pembangunan jalan tol tersebut.

Related posts