189 Guru SD dan SMP Ikuti Webinar Pelestarian Budaya

  • Whatsapp

Aceh Besar – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Aceh Besar menggelar webinar pelestarian budaya dengan tema “Meretas Seni dan Permainan Tradisional Dimasa Covid-19”, Selasa (27/10/2020) di Zoom Meeting, Gedung PGRI Aceh Besar.

Webinar dibuka oleh Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Sekdisdikbud) Aceh Besar, Fahrurrazi SE mewakili Kadisdikbud.

Read More





Dalam sambutannya Sekdisdikbud mengapresiasi Bidang Kebudayaan yang telah mengadakan webinar pelestarian budaya pada hari ini. “Ini merupakan terobosan cerdas untuk meningkatkan kegiatan bidang kebudayaan di sekolah walaupun dimasa pandemi covid-19 yang masih melanda,” ungkap Fahrurrazi.

Fahrurrazi menjelaskan budaya itu ada dua, yang pertama budaya benda yaitu budaya yang memiliki dimensi fisik sehingga dapat dilihat, dipegang dan dirasakan.

Sementara yang kedua, budaya non/tak benda, yaitu budaya yang bisa dilihat atau didengar hingga dirasakan, tetapi tidak memiliki dimensi fisik.

Fahrurrazi mengharapkan sekolah terus menggiatkan seni budaya dan permainan tradisional khususnya yang berasal dari Aceh Besar dan daerah lainnya di sekolah bapak ibu masing-masing terutama dalam kegiatan ekstra kurikuler.

Sementara itu panitia pelaksana, Rusydi SAg yang juga Kasi Kesenian Disdikbud Aceh Besar, menyebutkan kegiatan webinar pelestarian budaya diikuti 189 peserta dari jenjang SD dan SMP se-Aceh Besar. “Kesemua guru itu yang mengampu kegiatan ekstra kurikuler di sekolahnya masing-masing, “kata Rusydi.

Sedangkan narasumber terdiri atas, Ahmad Syai SPd MSn, dosen Sendratasik FKIP Unsyiah, dan Kurnia Khalik MPd, guru SDN 4 Kota Jantho, serta Muharil MPd AIFO, guru SDN Bayu.

Para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan webinar dan banyak peserta aktif dalam sesi tanya jawab. []

Related posts