Bimtek Fasilitator SPAB Berakhir, RTL Siap Diaktualisasi

  • Whatsapp

Banda Aceh – Bimbingan Teknis (Bimtek) Fasilitator Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) berbasis Gugus Depan tahun 2020 yang dilaksanakan oleh Badan Nasional Penanggulan Bencana (BNPB) berakhir hari ini, 12 November 2020.

Baca juga : BNPB Gelar Bimtek SPAB di Aceh Besar

Read More





Bimtek yang berlangsung sejak 10 November 2020 di Hotel The Pade diikuti 30 peserta telah mengikutinya dengan baik dan telah membuat Rencana Tindak Lanjut (RTL) yang siap akan diaktualisasikan di sekolah-sekolah.

Baca juga : 75 Persen Lebih Satuan Pendidikan berada di Daerah Rawan Bencana

Kegiatan tersebut ditutup secara resmi oleh Plt Kepala BPBD Aceh Besar, Farhan AP. Dalam sambutannya Farhan mengapresiasi BNPB yang telah memilih Aceh Besar sebagai salah satu sasaran dilaksanakannya bimtek SPAB ini.

Menurutnya tugas mengurangi risiko bencana ini adalah tugas bersama, dengan telah dilatihnya para fasilitator pada hari ini, berarti sudah bertambah energi untuk melakukan tugas mulia ini.

Ia berharap Kwarcab dan Gudep yang menjadi garda terdepan dalam mitigasi bencana. Farhan juga berharap BNPB untuk memunculkan Saka Tanggap Bencana sebagai item tambahan dalam penanggulangan bencana.

Sementara itu Kasubdit Mitigasi Non Struktural BNPB, Mailina Wulandari SSos mengatakan Bimtek SPAB di Aceh Besar adalah Bimtek gelombang terakhir di Tahun 2020 dan pada saat pandemi.

“Pascabimtek, menjadi hal terpenting pelaksanaan tindak lanjut dari para peserta dan keberlanjutan dukungan BPBA, BPBD Aceh Besar, Disdikbud Aceh Besar, Kwarnas, Kwarda, dan Kwarcab Aceh Besar, “harapnya.

Sebelumnya yang mewakili Kwarnas, Kak Irmawan yang juga sebagai narasumber Bimtek mengatakan suatu hal yang spektakuler atas partisipasi semua pihak dari Kwarda, Kwarcab, BPBD, dan BPBA serta para peserta yang sangat partisipatif mengikuti bimtek dari hari pertama hingga hari terakhir.

“Mari kita jaga nama besar Aceh, khususnya Aceh Besar dengan mengaktualisasikan semua RTL dengan kerja nyata, “pungkas Irmawan. []

Editor: Abi Andesa

Related posts