Biro Perencanaan Kemendikbud Apresiasi Kinerja USK

  • Whatsapp

Banda Aceh – Kepala Biro Perencanaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Dr. M. Samsuri, S.Pd., M.T menyampaikan apresiasi atas kinerja Universitas Syiah Kuala khususnya pada tahun 2020. Hal tersebut disampaikan Samsuri dalam presentasinya pada Rapat Kerja USK di Gedung AAC Dayan Dawood. (Banda Aceh, 28 Januari 2021).

Menurut Samsuri, pada tahun 2020 USK telah berhasil meraih beberapa pencapaian penting. Jika merujuk Indikator Kinerja atas Pelaksanaan Anggaran (EKA), USK berhasil meraih pencapaian dengan baik yaitu dengan nilai EKA 83,15.

Beberapa indikator lain juga menunjukkan hasil kinerja USK sudah sangat baik. Seperti serapan anggaran USK sebesar 92.61 %, konsistensi RPD akhir 90,8 serta efisiensi 2,81.

“Alhamdulillah, saya sangat mengapresiasi atas kinerja Universitas Syiah Kuala untuk tahun 2020 lalu. Beberapa indikator menunjukkan hasil yang positif,” ucap Samsuri.

Rektor USK Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng dalam presentasinya mengungkapkan sejumlah perkembangan Universitas Syiah Kuala. Di mana saat ini 60% program studi USK telah terakreditasi unggul atau A. Sementara terkait laporan keuangan dalam dua tahun terakhir ini USK berhasil meraih opini WTP.

USK juga berhasil meraih peringkat yang cukup baik. Pada tahun 2020 berdasarkan data dari QS Ranking Asia, USK berhasil masuk peringkat 500 dalam jajaran perguruan tinggi Asia.

Rektor juga mengungkapkan, capaian kinerja USK secara umum berhasil meraih seperti yang ditargetkan. Seperti jumlah publikasi internasional USK yang berhasil mencapai 979 publikasi dari target 1000 publikasi.

Adapun terkait rencana peningkatan statuta USK dari PK-BLU menuju PTN BH. Rektor mengungkapkan, saat ini USK telah mengirimkan proposal usulan PTN BH ke Kementerian. Di mana ada empat dokumen usulan yang telah USK submit sebelum masuk tahun 2021. Keempat dokumen tersebut adalah evaluasi diri, RPJP, Rancangan Statuta, dan Rencana Peralihan.

“Keempat dokumen tersebut telah dikirimkan ke Dirjen Dikti 24 Desember 2020 (hardcopy dan softcopy). Kita berharap, usulan kita untuk menjadi PTN BH bisa terealisasi pada tahun ini,” ucap Rektor.

Selain Kepala Biro Perencanaan, turut hadir untuk menyampaikan presentasi Direktur Kelembagaan Ditjen Dikti Dr. Ir. Ridwan, M.Sc. Pada Rapat Kerja tahun ini, USK mengangkat tema “Percepatan Transformasi Kemandirian Universitas Syiah Kuala menuju PTN Berbadan Hukum”.

Pelaksanaan Raker dilaksanakan secara daring dan luring. Di akhir kegiatan, seluruh Dekan USK melakukan penandatangan kontrak kerja dengan Rektor USK.

  • Whatsapp

Related posts