Dayah MUQ Pagar Air Gelar Tasyakkur Tasmi’ dan Syahadah Hafalan Al-Qur’an 30 Juz Ke-1

  • Whatsapp

Aceh Besar – Dayah Madrasah Ulumul Qur’an mengadakan acara Tasmi’ dan Syahadah Al-Qur’an 30 Juz Ke-1 yang diikuti secara internal di Komplek Dayah MUQ Pagar Air.

Acara ini merupakan acara pertama kali dilaksanakan sejak MUQ didirikan yang saat ini telah berusia lebih kurang 32 Tahun.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan harapan bisa memotivasi santriwan/I lainnya dalam melancarkan hafalan dan menjaga Al Quran.

Ketua Panitia Ustaz Zainuddin Arif, S.Pd sekaligus Kabid Tahsin dan Tahfiz Dayah MUQ Pagar Air menyampaikan dalam sambutannya berharap kepada Pemerintah Aceh melalui Dinas Pendidikan Dayah Aceh, Kepala UPTD Dayah Perbatasan dan MUQ Pagar Air, Dewan Pembina, Komite Dayah MUQ Pagar Air dan tokoh masyarakat agar terus selalu memberi dukungan baik berbentuk materil dan non materil agar minat santri dan santriwan semakin meningkat dalam menghafal, mempelajari dan mengamalkan Al Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.

Drs. H. Sualip Khamsin selaku Rais ‘Am Dayah Madrasah Ulumul Qur’an Pagar Air- Aceh dalam sambutannya menyatakan bahwa untuk meningkatkan jumlah hafizh 30 juz setiap tahunnya, Dayah MUQ Pagar Air telah membuka program Kelas Takhassus (Intensif) yang berlokasi di Desa Meunasah Krueng, Kecamatan Ingin Jaya.

Program Kelas Takhassus adalah program menghafal Al-Qur’an 30 Juz dalam masa satu tahun. Program Kelas Takhassus Tahfizh ini telah dimulai pada awal bulan Februari lalu dengan harapan setelah mereka khatam 30 juz bisa mempersiapkan hafalannya untuk mengikuti Tasmi’ dan syahadah pada tahun selanjutnya.

Acara ini diawali dengan Tasmi’ Hafalan Al-Qur’an yang dibaca oleh saudara Nanda Zulhikmah di hadapan penguji yang terdiri dari Rais Am dayah MUQ Pagar Air Drs. H. Sualip Khamsin, Wakil Rais ‘Am Bidang Akademik Muhammad Nasir, Lc, Wakil Rais ‘Am Bidang Pengasuhan Basthariah, S. Pd. I , Zainuddin Arif, S.Pd Kabid Tahsin dan Tahfizh, Hanisullah, M.Pd Kabid Tafsir dan Tafhim, Ferdiansyah, S.H Kabid Takhsassuh, dan Maulana Saaduddin.

Doa Khatam yang dipimpin langsung oleh ust. Muhammad nasir membuat banyak peserta terharu hingga mengeluarkan air mata termasuk Bapak Admiral selaku Ayah dari Nanda Zulhikmah yang ikut serta menyimak hafalan anaknya.

Nanda Zulhikmah merupakan salah satu siswa MA Ulumul Qur’an yang berasal dari Kabupaten Aceh Barat Daya (ABDYA) yang merupakan satu-satunya santri yang mampu membaca Al-Quran Bil Ghaib (Tanpa melihat mushaf) 30 Juz dengan durasi lebih kurang 9 Jam. Selain nanda, ada lebih dari 169 santriwan dan santriwati juga mengikuti kegiatan Tasmi’ dan Syahadah ini dengan kategori 5 Juz, 10 Juz, 15 Juz, 20 Juz, dan 25 Juz.

Ini merupakan prestasi yang sangat membanggakan baik bagi lembaga yang terkait maupun orangtua yang bersangkutan.

Dalam acara ini turut hadir dari perwakilan dari Dinas Pendidikan Dayah Aceh, UPTD Pengelolaan Dayah Perbatasan dan MUQ Pagar Air, Dewan Pembina MUQ, Komite Dayah MUQ Pagar Air, Seluruh Struktural Dayah MUQ Pagar Air, Kepala MA Ulumul Quran, Kepala MTs Ulumul Quran, Seluruh Ustaz/zah dan Guru MTs dan MA Ulumul Qur’an serta Muspika Ingin Jaya, dan Tokoh Masyarakat setempat. Kegiatan ini dikarenakan pandemi Covid-19 acara ini digelar secara internal tanpa mengundang orang tua/wali santri/murid dan mematuhi segala protokol kesehatan sesuai aturan yang berlaku Tausiyah Tasyakkur

Sebelum diakhiri dengan acara kenduri bersama (Tasyakkur), Acara ini juga diindahkan dengan Tausiyah yang disampaikan langsung oleh Ustaz. H. Umar Ismail, S.Ag. Dalam ceramahnya Ustaz Umar menasehati para hafizh Al-Qur’an agar selalu menjaga akhlak dalam setiap keadaan, menjauhi maksiat dan selalu bersemangat dalam mensyiarkan Al-Qur’an seperti menjadi imam-imam masjid, karena Imam masjid yang Hafizh Al-Qur’an merupakan sosok yang langka khususnya di Aceh.

Semoga Allah SWT selalu memberkati kita semua dan selalu membimbing kita dalam melaksanakan kebaikan. Aamiin

  • Whatsapp

Related posts