Diklat CKS Disdikbud Aceh Besar Tahun 2020 Selesai Dilaksanakan

  • Whatsapp

Aceh Besar – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Besar, Dr Silahuddin MAg menutup secara resmi Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Calon Kepala Sekolah (CKS) Tahun 2020 lingkup Disdikbud Aceh Besar, Jumat (25/12/2020) di Aula LPMP Aceh.

Dalam sambutannya, Silahuddin menyampaikan pentingnya peningkatan kompetensi kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan terutama di era digital.

Read More





“Kepala sekolah merupakan guru terbaik yang telah melalui proses panjang dalam mengikuti seleksi calon kepala sekolah, “katanya.

Silahuddin mengingatkan bahwa setiap manusia, pertama harus taat kepada Allah, kedua taat kepada Rasul dan yang ketiga taat kepada pemimpin.

Kepala Disdikbud juga menegaskan setiap pemimpin yang dipilih harus memiliki 4 kriteria, diantaranya: Loyalitas, Profesional, Kompetensi, serta Konsistensi.

Silahuddin juga berharap Kepala Sekolah yang terpilih nantinya harus memiliki banyak strategi dalam menyelesaikan masalah.

“Jika anda hanya punya satu alat, maka anda tidak akan berhasil, tetapi anda harus punya multi alat, “begitulah filosofi yang disampaikannya.

“Semoga dengan kegiatan yang telah terlaksana dapat menghasilkan Kepala Sekolah di Aceh Besar yang mempunyai Kompetensi, Profesional dan komitmen yang tinggi dalam menjalankan tupoksinya masing-masing, “harapnya.

Sementara itu Kabid GTK, Cut Jarita Susanti SPd mengatakan kegiatan yang sudah berlangsung dari 17 Oktober hingga 26 Desember 2020 dapat diselesaikan tepat waktu.

“Dari 50 peserta yang ikut CKS tahun ini, alhamdulillah 48 peserta dapat mengikutinya sampai selesai, “kata Cut Jarita.

“Saya berharap apa yang sudah didapat supaya diterapkan saat berada di sekolah masing-masing dan kepala sekolah yang memimpin sekolah di Aceh Besar menjadi pemimpin yang amanah, “harapnya.

Sedangkan perwakilan narasumber, Husaini, SPd MPd mengatakan “Kegiatan tersebut terlaksana berkat adanya kerjasama antara LPPKSPS Solo, Disdikbud Aceh Besar dan LPMP Aceh.

“Diklat ini sudah berlangsung selama 300 JP dan dalam refleksinya, ia menambahkan bahwa kegiatan Diklat CKS Aceh Besar 2020 sudah berjalan sebagaimana yang diharapkan, mulai dari kegiatan Rencana Proyek Kepemimpinan (RPK) di sekolah asal dan Peningkatan Kompetensi (PK) di sekolah magang masing-masing CKS.

“Dari keseluruhan nilai yang didapat peserta ada yang memuaskan dan sangat memuaskan, “terangnya.

“Penilaian tersebut didapat dari mentor 1, mentor 2, pengajar diklat serta post test yang didapat peserta, “pungkas Husaini.

Related posts