Disdikbud Aceh Besar Gelar Webinar Percepatan Baca Dimasa Pandemi

  • Whatsapp

Aceh Besar -Pandemi Covid-19 yang sedang melanda saat ini berefek pada semua segi kehidupan manusia,tidak terkecuali bidang pendidikan.

Pembelajaran yang tidak bisa tatap muka mengakibatkan proses pentransferan ilmu dan sentuhan guru tidak berjalan.

Read More





Hal itu berujung pada tidak maksimalnya capaian, salah satunya tidak tuntas kemampuan baca peserta didik khususnya di kelas rendah.

Menyikapi kondisi tersebut Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Aceh Besar bersama dengan Tim Literasi Aceh Besar, Kamis (15/10/2020) melakukan webinar percepatan baca dengan 210 Kepala SDN/S di Aceh Besar.

Webinar dibuka oleh Kadisdikbud Dr.Silahuddin,M.Ag, dalam arahannya menyampaikan dalam kondisi seperti sekarang ini kita tidak boleh menyerah harus tetap semangat, lakukan yang terbaik dengan tidak saling menyalahkan.

“Jalankan tugas kewajiban kita masing-masing seperti yang sudah diamanahkan dengan penuh tanggung jawab, “tegas Silahuddin.

“Pemetaan baca dilaksanakan untuk melihat kondisi real di sekolah selama pandemi ini, agar kita semua bisa mengevaluasi diri serta berupaya menjadi lebih baik kedepan khususnya dalam kemampuan baca siswa,”lanjutnya.

Sebelumnya Koordinator Tim Literasi, Agus Jumaidi MPd menjelaskan latar belakang dan tujuan pelaksanaan kegiatan.

Menurutnya webinar ini dibuat menyahuti kekhawatiran adanya siswa di kelas rendah yang belum lancar dalam membaca, mengingat belum bisa sekolah secara tatap muka.

“Sehingga Tim Literasi Aceh Besar bersama Disdikbud membuat program percepatan kemampuan baca siswa. Tim Literasi sudah menyusun modul dalam rangka kegiatan dimaksud, selanjutnya akan melakukan monev untuk melihat progress tersebut, “terang Agus Jumaidi.

Arahan teknis pemetaan awal kemampuan baca, out put yang diharapkan kedepan serta dilanjutkan dengan tanya jawab disampaikan oleh Kasi Kurikulum Disdikbud Juwita,S.Pd.

Penyampaian modul percepatan baca yang sudah disusun oleh tim literasi Aceh Besar disampaikan oleh salah satu anggota tim Ailisa Mevta S.Pd.

Kegiatan dikoordinir oleh Kabid Dikdas Agus Jumaidi,S.Pd.,M.Pd dan Ketua Literasi Aceh Besar Rusydi,S.Ag, yang bertempat di gedung PGRI Ingin Jaya Aceh Besar.[]

Related posts