Disdikbud Finalisasi Pembuatan Video Sie Reuboh

  • Whatsapp

Aceh Besar – Disdikbud Aceh Besar yang disupport oleh Disbudpar Provinsi Aceh melakukan pengambilan video pembuatan Sie Reuboh, Kamis (25/3/2021) di salah satu rumah warga di Aceh Besar.

Pembuatan video tersebut merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi untuk pengusulan Warisan Budaya Tak Benda (WBTB). Aceh Besar dalam Tahun 2021 ini mengusulkan Sie Reuboh untuk mendapatkan sertifikat WBTB dari Kemendikbud.

Aceh Besar sendiri saat ini sudah memiliki tiga sertifikat WBTB terdiri atas, Kuah Beulangong, Likee, dan Keumamah.

Pada pengambilan video menghadirkan sang Maestro, Drs Affandi yang juga sebagai salah seorang anggota MAA Aceh Besar dan Kepala Disdikbud Aceh Besar, Dr Silahuddin MAg.

Dalam kesempatan itu sang maestro bersama Kadisdikbud menyampaikan sejarah mengenai sie reuboh. Penjelasannya mengenai bahan, tata cara membuatnya dan mengapa sie reuboh itu dibuat. Disamping itu juga bagaimana kiat-kiat dalam melestarikannya untuk generasi sekarang dan masa akan datang.

Sementara itu Kabid Kebudayaan, Dra Zaimah Razali MSi mengatakan Disdikbud Aceh Besar tahun ini mengusulkan sie reuboh sebagai WBTB.

Ada beberapa syarat yang harus dilengkapi dari data hingga video.

“Alhamdulillah data-data sudah siap kita kirimkan, namun video belum maksimal, maka hari ini kita lakukan pengambilan video,”katanya.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Disbudpar Provinsi Aceh yang telah membantu dalam pembuatan video sie reuboh ini,”pungkasnya.[]

  • Whatsapp

Related posts