Drs. Nasrullah Amal, MSi Mengingatkan Pentingnya Menjaga Ukhuwah Islamiyah

  • Whatsapp

Aceh Besar – Sebagaimana jadwal yang sudah disusun sebelumnya malam ini, 13 April 2021 shalat isya, tarawih dan Witir pada Mesjid Baitul Maghfirah Peukan Bada diimami oleh Ust. Aldi dari Ma’had Daarut Tahfidz Al-Ikhlas dan Penceramah Ramadhan malam kedua shalat tarawih dan witir malam ini oleh Drs. Nasrullah Amal, M. Si.

Dalam ceramah singkatnya beliau menjelaskan tentang pentingnya menjaga ukhuwah islamiyah dalam kehidupan muslim.

Read More





Berbicara mengenai menjaga ukhuwah islamiyah hal ini merupakan perintah Allah dan RasulNya agar Umat Islam berpegang pada agama Allah dan tidak bercerai berai serta jika ada permasalahan diantara sesama maka bermusyawarahlah, sebagaimana salah Satu hadist Rasulullah Saw menjelaskan bahwa “Tidak beriman salah seorang di antara kamu sebelum dia mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri”.

Berdasarkan hadist ini dapat dipahami bahwa sesuatu sikap dan perilaku yang dapat menyakiti dan menzalimi orang lain bukan merupakan perintah syariat, namun sebaliknya bertentangan dengan nilai-nilai kemanusiaan juga sangat bertentangan dengan nilai-nilai agama Islam sendiri.
Begitu juga halnya dalam menyikapi perbedaan khilafiah terkait dengan praktek keagamaan dalam masyarakat, jika hal itu dilakukan ada dalillnya, maka silakan saja melakukannya, namun jika itu bertentangan dengan dalil-dalil yang ada maka perlu diluruskan.

Menutup ceramahnya Ustaz. Nasrullah Amal mengingatkan kembali kepada jama’ah Mesjid Baitul Maghfirah tentang mematuhi protokol kesehatan sebagaimana disampaikan oleh pemerintah, baik dalam pergaulan sehari-hari maupun di lingkungan masyarakat ataupun ditempat-tempat keramaian lainnya. (Laporan Muhammad Yani)

Related posts