Dukung Program Ketahanan Pangan di Masa Pandemi Ketua dan Pengurus PIA Ardhya Garini Cabang 20/D.I Lanud SIM Laksanakan Panen Sayur Mayur Hidroponik

  • Whatsapp

Aceh Besar – Dukung program ketahanan pangan Pemerintah yang sudah menjadi sebuah prioritas utama bagi setiap daerah. Di masa pandemi saat seperti ini, ancaman ketahanan pangan dapat terjadi karena terganggunya sistem logistik dan rantai pasok pangan.

Menyikapi hal tersebut Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 20/D.I Lanud SIM Ny. Triana Badawi bersama Pengurus PIA memiliki inovasi bersama memanfaatkan lahan yang ada dihalaman kantor PIA untuk di jadikan tempat penanaman sayur-sayuran dengan media hidroponik. Dengan harapan tanaman sayuran yang ditanam nantinya bisa dikonsumsi, sehingga mengurangi kontak dengan orang lain ketika pergi ke pasar, guna mempercepat pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19. “Hasil panen sayur juga dapat di bagikan kepada Ibu-ibu PIA Lanud SIM sehingga semuanya bisa merasakan,” ujar Ny. Triana Badawi.

“Adapun tanaman hidroponik yang di kembangkan di perkarangan kantor PIA yaitu sayur mayur seperti kangkung, selada merah, sawi, bayam, pakchoi, samhong king dan kailan,” terang Kopda Sugeng Sulistyo selaku tutor hidroponik PIA . Tanaman tanpa mengunakan media tanam konvensional seperti tanah, lebih mengutamakan kebutuhan nutrisi pada tanaman tersebut. Budidaya tanaman sayuran hidroponik ini bertujuan untuk terus menggerakkan roda perekonomian yang terhambat akibat pandemi Covid-19 yang masih melanda Negeri.

  • Whatsapp

Related posts