Ketua DKA Provinsi Aceh: Kesenian Salah Satu Unsur Penting Budaya

  • Whatsapp

Aceh Besar – Kesenian merupakan salah satu unsur yang penting dari kebudayaan dan keberadaan kesenian merupakan salah satu barometer terhadap kebesaran budaya sebuah bangsa.

◇ baca juga : DKA Aceh Besar gelar musyawarah dan santuni anak yatim

Read More

Hal tersebut disampaikan Ketua Dewan Kesenian Aceh (DKA) Provinsi Aceh, Nuramaida Atmaja saat memberikan sambutan pada acara pembinaan dewan kesenian kecamatan dan musyawarah DKA Kabupaten Aceh Besar, Sabtu (5/12/2020) di Gedung PKK Kota Jantho.

Lebih dari itu kesenian merupakan juga sebuah unsur media yang dapat memperhalus budi pekerti bagi pelaku dan penikmatnya.

“Oleh karena itu menggali, melestarikan dan mengembangkan potensi kesenian Aceh menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan, “harapnya.

“Untuk capaian maksud tersebut, membangun sinergitas antara pemerintah, lembaga kesenian dan pelaku seni merupakan hal yang penting untuk dilakukan, “terang Nurmaida.

Tambahnya, langkah kerja yang tertata dengan baik, serta program-program kegiatan kesenian yang terukur, menjadi kunci penyelesaian terhadap problema yang dihadapi dunia kesenian kita selama ini.

“Problem-problem ini berupa kesempatan, pemberdayaan, mutu event, penciptaan karya, mutu karya, pembajakan, daya sainh karya, sarana pendukung, hak cipta dan lain-lain, “sebutnya.

Mengingat masih banyaknya permasalahan yang dihadapi dunia kesenian di Aceh, maka pemerintah, lembaga dan pelaku seni merupakan dua komponen penting dan diharapkan menjadi garda terdepan dalam kerja-kerja seni budaya.

Untuk itu katanya kerja kolektif dengan semangat gotong royong dalam upaya membangun seni budaya daerah Aceh mutlak harus dilakukan dalam upaya memajukan kesenian.

Sehingga kesenian Aceh akan lebih banyak lagi dikenal baik di tingkat nasional maupun internasional.

“Dengan lahirnya UU nomor 05 Tahun 2017 tentang pemajuan kebudayaan, menggambarkan kepada kita betapa seni budaya salah satu komoditi penting untuk dikelola secara baik, “pungkas Nurmaida Atmaja.[]

Related posts