Ketua MPD Aceh Besar : Kurikulum harus Hebat, Gurupun harus Lebih Hebat

  • Whatsapp

Aceh Besar – Kepala Majelis Pendidikan Daerah (MPD) Aceh Besar, Prof Dr Mustanir Yahya MSc mengatakan sehebat apapun Kemendikbud dan Kurikulum tanpa didukung guru yang hebat pula tidak akan mencapai tujuan pendidikan itu sendiri.

Hal tersebut disampaikan Mustanir saat membuka Pelatihan Seleksi Akademik Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam Jabatan jenjang SD dan SMP angkatan VI dan VII tingkat Kabupaten Aceh Besar, Minggu (1/11/2020) di Wisma Atlet Kota Jantho.

Read More





Untuk pihaknya selaku Ketua MPD Aceh Besar mengapresiasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) yang telah memfasilitasi guru dalam rangka persiapan mengikuti PPG untuk menuju guru bersertifikat.

Karena kata Mustanir, menurut Undang-undang Guru dan Dosen, selain guru itu memiliki kualisifikasi S1, guru juga harus memiliki sertifikat pendidik yang merupakan syarat untuk mendapatkan sertifikasi.

“Disamping itu juga guru wajib mempunyai kemampuan dasar dengan memiliki empat kompetensi diantaranya, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, kompetensi pedagogik, dan kompetensi profesional, “tambahnya.

Sebelumnya Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Sekdisdikbud), Fahrurrazi SE meyebutkan kegiatan seleksi akademik PPG dilakukan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam mengikuti Uji Kompetensi Guru (UKG) nantinya.

:Setelah mengikuti pelatihan selama tiga hari di Wisma Atlet Kota Jantho, para peserta akan mengikuti simulasi dalam menjawab soal-soal tes UKG di Tempat Uji Kompetensi (TUK) SMPN 3 Ingin Jaya dan SMPN 1 Darul Imarah, “terang Fahrurrazi.

Peserta untuk angkatan VI dan VII berjumlah 120 orang, terdiri atas 80 guru SD dan 40 guru SMP, kita tempatkan pada dua kelas.

“Sedangkan untuk narasumber berasal dari Kemendikbud, LPMP Aceh dan LPTK (Unsyiah) dengan pelatihan sistem daring dan luring,”pungkasnya.[]

Related posts