Lanud SIM Gelar Do’a Bersama Untuk 53 ABK Kapal Selam KRI Nanggala 402 yang Tenggelam di Perairan Laut Bali

  • Whatsapp

Aceh Besar – Lanud Sultan Iskandar Muda menggelar acara doa bersama untuk seluruh awak kapal selam KRI Nanggala-402, yang tenggelam di kedalaman sekitar 838 meter di perairan laut Bali, yang dipastikan telah “gugur”. Senin (26/4/2021).

Dalam doa bersama yang dilaksanakan di Mushalla An-Nur Lanud Sultan Iskandar Muda dipimpin oleh Perwira Rohani Islam Letda Sus Rifat Sitorus turut diikuti oleh Komandan Lanud SIM Kolonel Pnb Henri Ahmad Badawi, M.Han,. Para Kepala Dinas dan seluruh Personel Lanud SIM.

Read More





Dimana Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, S.I.P. mengungkapkan hal itu dalam jumpa pers pada Minggu (25/04) sore di Bali. Kesimpulan itu didasarkan “bukti-bukti” yang didapatkan dari “citra bawah air” KRI Rigel dan MV Swift Rescue dari Singapura yang melakukan pencarian hingga Minggu pagi.

Disebutkan bahwa bukti-bukti itu antara lain bagian luar kapal, kemudi vertikal belakang, jangkar, hingga baju keselamatan awak kapal selam. “KRI Rigel telah melakukan pemindaian secara lebih akurat di lokasi tersebut menggunakan multibeam sonar dan magnetometer,” ujar Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Dari upaya itu, menurut Panglima TNI, telah diperoleh citra yang telah konfirmasi sebagai bagian dari KRI Nanggala-402. “Meliputi kemudi vertikal belakang, jangkar, bagian luar badan tekan, kemudi selam timbul, bagian kapal yang lain, termasuk baju keselamatan awak kapal,” ungkapnya.

Berdasarkan bukti-bukti otentik tersebut, Panglima TNI menyatakan, bahwa “KRI Nanggala-402 telah tenggelam dan seluruh awaknya telah gugur,” disampaikan Panglima TNI, dalam jumpa pers di Bali. “Saya nyatakan bahwa 53 personil yang on board KRI Nanggala-402 telah gugur,” tambahnya.

Panglima TNI kemudian menyatakan “dengan kesedihan yang mendalam” menyampaikan belasungkawa atas kejadian ini, terutama kepada keluarga para awak kapal selam tersebut. “Atas nama prajurit dan keluarga besar TNI saya sampaikan rasa dukacita yang sedalam-dalamnya kepada seluruh keluarga prajurit yang gugur, Semoga Amal Ibadah diterima oleh Allah SWT dan Keluarga ditinggalkan diberikan kesabaran dan ketabahan,” sampainya.

Related posts