Lewati Perbukitan dan Hutan Tim Monev Literasi Menuju SMPN 4 Seulimeum

  • Whatsapp

Aceh Besar – Monitoring hari ini, Selasa (23/3/2021) saya, Ira Nasfia SPd  yang berpartner dengan pak Zulfikar mendapatkan tugas ke salah satu sekolah menengah pertama yang berada di daerah pesisir Lampanah.

Tepat pukul 09.30.. wib, kami memulai perjalanan dari Seulimum menuju Lampanah. Dengan menempuh area perbukitan dan hutan perjalanan kami sedikit membosankan.

Namun alih-alih berganti suasana, keadaan menjadi lebih berat tatkala kami keliru memilih jalan di sebuah persimpangan. Bukannya tiba lebih cepat ke tempat tujuan, malah menghabiskan waktu yang panjang. Namun apapun keadaannya kami Tim Monitoring Literasi siap melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.

Setelah menempuh perjalanan panjang akhirnya kami tiba juga di SMP Negeri 4 Seulimum.

Kami disambut hangat oleh kepala sekolah dan beberapa orang guru. Kami langsung diajak ke ruang kepala sekolah yang berada di bagian depan gedung utama sekolah tersebut.

Wawancara segera terjadi sambil sesekali terburai tawa dintara kami saat melontarkan beberapa pembahasan yang sedikit jenaka.

Suasana mencair dan terbawa begitu saja, seolh kami sudah kenal begitu lama. Saya dan pak zul secara bergantian memberikan pemahaman tentang literasi dan apa -apa saja kegiatan yang termasuk literasi.

Pada dasarnya pihak sekolah telah memahami tentang literasi, namun ingin mengetahui lebih lanjut tentng pengembangan dari literasi tersebut.

Tidak sampai di situ saja, kami juga mengunjungi ruang perpustakaan yang berada di bagian ujung deretan rung beljar siswa. Buku-buku tertata rapi, seolah tidak tersentuh.

Namun pandangan kami tertuju pada sisi dinding ruangan yang terlihat kosong tanpa adanya poster ataupun pajangan yg mendukung siswa dalam memanfaatkan fasilitas pustaka.

Mading juga tersedia di sekolah tersebut, meskipun pajangan yang ada masih sedikit.
menurut pengakuan beberapa guru banyak kendala yang dihadapi sekolah untuk menegakkan program literasi. Namun mereka tetap berupaya melaksanakany dengan penuh smaengat.

Kepala sekolah juga sngat mendukung program yang dilaksanakan rekan guru dengan menganggarkan kegiatan literasi pada dana BOS di tahun ini.

Saya dan pak Zol di akhir kunjungan hanya memberikan beberapa masukan dan sarantentang pengembamgan program literasi yang sedang dijalankan. semoga dapat memberikan manfaat bagi mereka dan bagi kami pribadi.

Sebelum.pulang tak lupa kami mendokumentasikan dengan berfoto bersama di depan kantor kepala sekolah SMPN 4 Seulimum.

Semoga dengan adanya kunjungan kami dapat menambah motivasi pihak sekolah dalam menggerakkan literasi di sekolah tersebut.[]

  • Whatsapp

Related posts