MAA Aceh Besar Laksanakan Pembekalan dan Simulasi Peradilan Adat

  • Whatsapp

Aceh Besar. Majelis Adat Aceh Kabupaten Aceh Besar, Kamis, 8 April 2021, melaksanakan kegiatan pembekalan dan simulasi Peradilan Adat untuk pengurus MAA Kabupaten dan ketua MAA Kecamatan se-kabupaten Aceh Besar.

Ketua MAA Kabupaten Aceh Besar, Asnawi Zainun, SH, dalam sambutan pembukaannya menegaskan bahwa Peradilan Adat merupakan bentuk badan peradilan alternatif yang diakui eksistensinya oleh konstitusi negara sesuai dengan ketentuan Pasal 18 B Ayat (1) UUD 1945. Lebih lanjut ketentuan Pasal 98 Ayat (2) Undang Undang Nomor 11 Tahun 2006 Tentang Pemerintahan Aceh, menyebutkan bahwa penyelesaian masalah sosial kemasyarakatan secara adat ditempuh melalui lembaga adat.

Lebih lanjut Asnawi Zainun menjelaskan bahwa berdasarkan ketentuan Pasal 13 Ayat (1) Peradilan Adat Gampong dan Mukim diberi kewenangan untuk menyelesaikan 18 lebih jenis perkara perdata dan pidana ringan atau tipiring yang terjadi di tengah-tengah masyarakat.

Asnawi Zainun mengharapkan kepada para peserta agar serius mengikuti kegiatan ini sebagai bentuk tanggungjawab pengurus MAA Kabupaten dan pengurus MAA Kecamatan dalam pembinaan dan penguatan Peradilan Adat di Kabupaten Aceh Besar.

Sebelumnya dalam laporan pelaksanaan kegiatan, Kepala Sekretariat MAA Kabupaten Aceh Besar, Effendi, menjelaskan bahwa tujuan pelaksanaan kegiatan pembekalan dan simulasi Peradilan Adat ini bertujuan untuk membekali Pengurus MAA khususnya kepada 23 ketua MAA Kecamatan Se-kabupaten Aceh Besar tentang materi-materi peradilan adat dan tata cara pelaksanaan simulasi peradilan adat.

Menurut Efendi, pelaksanaan pelatihan simulasi peradilan adat ini terkait erat dengan rencana pelaksanaan kegiatan Lomba Simulasi Peradilan Adat antar mukim dalam kecamatan Se-kabupaten Aceh Besar yang direncanakan akan dilaksanakan pada bulan September tahun 2021. Untuk tujuan ini Efendi mengharapkan kepada ketua ketua MAA Kecamatan dapat menyiapkan kelompok simulasi peradilan adat mewakili kecamatan masing masing.

Kegiatan pembekalan dan Simulasi Peradilan Adat ini dilaksanakan di aula SMK al-Mubarkeya, Gampong Kayè Le, kecamatan Ingin Jaya Aceh Besar, berlangsung selama satu hari penuh dan ditutup oleh Wakil Ketua MAA kabupaten Aceh Besar, Tgk. Zulkifli Zakaria.[]

  • Whatsapp

Related posts