MAN 4 Aceh Besar Gelar Rakor, Siap Wujudkan Madrasah Riset

  • Whatsapp

Aceh Besar – Bertempat di The Pade Hotel, Aceh Besar, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 4 Aceh Besar menggelar kegiatan Rapat Koordinasi Program Kerja Tahun 2021 (Sabtu, 6/2/2021).

Rakor yang mengusung tema “Jalin Sinergi Wujudkan Madrasah Unggulan Riset” secara resmi dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Besar, H. Abrar Zym, S.Ag.

Dalam sambutannya, Abrar mengapresiasi kegiatan rapat koordinasi (rakor) yang digelar MAN 4 Aceh Besar. Menurutnya peningkatan mutu pendidikan hanya dapat terjamin melalui perencanaan dan penyusunan program yang baik dan benar, salah satunya berdasarkan pada evaluasi diri madrasah.

Pada bagian lain sambutannya, Abrar mengajak seluruh stakeholder MAN 4 Aceh Besar untuk terus melakukan peningkatan mutu agar dapat bersaing, bersanding dan saling menunjukkan prestasi. “Peningkatan mutu harus terus dilakukan dan eksistensi madrasah unggul dapat terlihat dari guru yang produktif dan inovatif”, tegas Abrar.

Untuk menjadi unggul harus didukung oleh dedikasi yang tinggi, kepala madrasah yang kuat, percaya diri, supervisi dan pemantauan rutin, kesempatan belajar yang cukup dan harus melibatkan orang tua dan seluruh stakeholder, tambahnya.

Sementara kepala MAN 4 Aceh Besar Hj. Nuranifah, S.Ag. menegaskan, pihaknya siap mewujudkan MAN 4 Aceh Besar sebagai madrasah unggulan riset. “Kami segera menyiapkan sarana dan prasarana pendukung pembelajaran riset”, kata Nuranifah. Pada tahun ajaran 2021/2022 akan diadakan muatan lokal (mulok) pembelajaran riset di kelas sepuluh dan melaksanakan ekstrakurikuler riset bagi siswa lainnya yang berminat, “jelas Nuranifah.

Menurutnya program kerja MAN 4 Aceh Besar diarahkan untuk mendukung pembelajaran riset dan siap menghadapi pandemi Covid-19 yang belum berakhir. Disamping itu semua kegiatan akan berbasis aplikasi dan didigitalkan”, ucap Nuranifah.

Program yang dirumuskan dalam rakor ini akan diinput dalam aplikasi e-RKAM yaitu aplikasi berbasis jaringan untuk menyusun rencana kerja dan anggaran madrasah, jelasnya.

Agenda rutin tahunan MAN 4 Aceh Besar ini menghadirkan pembicara utama, Drs. H. Mukhlis, M.Pd., Kepala Bidang Pendidikan Madarsah, Kanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh yang memaparkan materi tentang kebijakan dan strategi pengembangan madrasah unggulan riset di Provinsi Aceh.

Ketua panitia pelaksana, Nurchaili, S.Pd. menjelaskan, rakor yang berlangsung seharian penuh ini diikuti oleh 63 Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) MAN 4 Aceh Besar. Menurutnya, tema yang diusung dalam rakor ini merefleksikan kesiapan MAN Aceh Besar untuk mewujudkan diri sebagai madrasah unggulan riset. Sebagaimana diketahui Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama RI, melalui keputusannya nomor 6757 tahun 2020 telah menetapkan MAN 4 Aceh Besar sebagai madrasah unggulan riset di Aceh bersama delapan madrasah lainnya.

“MAN 4 Aceh Besar menjadi satu-satunya madrasah negeri di Kabupaten Aceh Besar yang ditetapkan sebagai madrasah unggulan riset’, jelas Nurchaili. Kini MAN 4 Aceh Besar mengemas branding “ The Place for Young Researchers”, tutur ketua tim penjamin mutu MAN 4 Aceh Besar ini.

 

  • Whatsapp

Related posts