Mengajak Warga SMPN 2 Lembah Seulawah Berliterat

  • Whatsapp

Aceh Besar – Senyum manis terukir saat tim literasi Dinas Pendidikan dan kebudayaan datang ke SMPN 2 Lembah Seulawah, kami dipersilahkan masuk ke ruang guru akan tetapi hasil dari bincang-bincang ruang tersebut bukanlah ruang guru namun ruang kelas yang difungsikan.

Silahkan masuk ibu!, silakan duduk. Tim bersalaman satu persatu dengan guru sambil menunggu kepala sekolah tiba.

Dari cerita guru di sekolah tersebut sekitar bulan Januari 2021 sudah pernah datang pak Kadis bersama pak Rusydi salah satunya menyampaikan tentang literasi juga.

Alhamdulillah tim merasa ini suatu suasana yang baik dan menyambung dengan apa yang sudah disampaikan oleh pak Kadis dan pak Rusydi. Tidak lama kepala sekolah tiba dan tim langsung menyampaikan maksud kedatangan hari ini.

Satu persatu dan detail tim menjelaskan apa yang harus dilakukan agar literasi berjalan, mulai dari pembentukan tim literasi, membuat program literasi, mengaktifkan kunjungan pustaka, pemilihan duta baca.

Dalam monev di SMP 2 Lembah Seulawah bagian literasi yang sudah dilakukan hanya kunjungan siswa ke pustaka, namun selama masa rehab pustaka tidak berjalan, dan pengurus pustakan menyampaiakn bahwa buku-buku referensi untuk bacaan siswa buku yang sudah sangat lama, hanya sedikit persediaan buku baru. Tim menyarankan untuk membuat proposal ditujukan ke Arpus.

Selanjutnya tim menyempatkan masuk keruang kelas dan menyapa siswa serta memberi motivasi untuk rajin belajar salah satunya dengan giat berliterasi.

  • Whatsapp

Related posts