MPD Gagas Rapat Koordinasi PPDB Aceh Besar

  • Whatsapp

Aceh Besar – Pada kamis 24 Desember 2020 bertempat di Aula SMPN 3 Aceh Besar, MPD Aceh Besar menginisiasi pertemuan dalam tajuk Rapat Koordinasi (Rakor).

Pertemuan yang dihadiri lebih dari 50 orang ini terdiri dari anggota MPD, Kepala Disdikbud Aceh Besar, Dr Silahuddin MAg, perwakilan Kankemenag Aceh Besar, pengurus MKKS, K3S, para kepala SD, SMP, MI dan MTS negeri dan swasta yang ada di Aceh Besar.

Read More





Pertemuan dimoderatori oleh Ketua MPD, dalam pembukaannya Ketua MPD Aceh Besar, Mustanir MSi menyampaikan bahwa PPDB (Penerimaan Peserta Didid Baru) 2021 di Aceh Besar perlu ada pembenahan mulai dari tatacara penerimaaan, zonasisasi, dan sosialisasi.

Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Dr. Silahuddin, M. Ag yang juga diamini oleh Drs. Radhi yang mewakili Kankemenag Aceh Aceh Besar, menyampaikan bahwa jajarannya siap melaksanakan kesepakatan hasil rapat koordinasi tentang PPDB.

Kabid GTK Disdikbud Aceh Besar Ibu Cut Jarita Susanti, S.Pd, dalam paparannya menyampaikan Informasi Kebijakan PPDB Tahun 2021 Kemendikbud bahwa; Jalur Pendaftaran PPDB dilarang menggunakan tes masuk, Pengumuman pendaftaran penerimaan calon peserta didik baru dilakukan oleh Pemerintah Daerah bagi: satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah; dan satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat yang menerima dana BOS.

Pengumuman pendaftaran penerimaan calon peserta didik baru dilaksanakan paling lambat minggu pertama bulan Mei 2021.

Pengumuman pendaftaran penerimaan calon peserta didik baru paling sedikit memuat informasi sebagai berikut: persyaratan calon peserta didik sesuai dengan jenjangnya; tanggal pendaftaran; jalur pendaftaran yang terdiri dari jalur zonasi, jalur afirmasi, jalur perpindahan tugas orang tua/wali, dan/atau jalur prestasi; jumlah daya tampung yang tersedia pada kelas 1 SD, kelas 7 SMP, dan kelas 10 SMA atau SMK sesuai dengan data Rombongan Belajar dalam Dapodik; dan tanggal penetapan pengumuman hasil proses seleksi PPDB.

Rapat koordinasi bersepakat bahwa PPDB 2021 akan dilaksanakan secara online, apalagi suasana masih terkena pembatasan akibat pandemic COVID-19.

Kemudian, zonasisasi akan diberlakukan guna makin meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pendidikan, dan sosialisasi PPDB harus mencantum informasi yang memenuhi kebutuhan masyarakat.

Rapat koordinasi ini akan dilanjutkan dengan pertemuan-pertemuan teknis antar Disdikbud, Kankemenag, dan MPD Aceh Besar membicarakan pelaksaanaan PPDB 2021 tersebut, karena PPDB juga bagian dari edukasi.[]

Related posts