Pengimbasan Bimtek Pendidik PAUD Kabupaten Aceh Besar

  • Whatsapp

Aceh Besar – Kepala Disdikbud Aceh Besar, Dr Silahuddin MAg membuka dan menjadi narasumber pada kegiatan Pengimbasan Bimtek Penguatan Kompetensi Pendidik PAUD Kabupaten Aceh Besar, Senin (7/12/2020) di TK Khairani Lubok Batee, Ingin Jaya.

Dalam sambutan dan pemaparan materinya Kadisdikbud mengatakan merdeka belajar adalah program kebijakan baru Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Kabinet Indonesia Maju, Nadiem Anwar Makarim.

Read More





Esensi kemerdekaan berpikir, harus didahului oleh para guru sebelum mereka mengajarkannya pada siswa-siswi. dalam kompetensi guru di level apapun, tanpa ada proses penerjemahan dari kompetensi dasar dan kurikulum yang ada, maka tidak akan pernah ada pembelajaran yang terjadi.

Sejalan dengan Merdeka Belajar Dinas Pendidkan juga sedang mempersiapakan Paud Berbasis Holistik integratif, sesuai dengan kondisi dan keadaan daerah masing-masing serta ciri khas daerah masing -masing.

Tujuan Khusus PAUD Holistik Integratif :

1. Terpenuhinya kebutuhan esensial PAUD secara utuh meliputi kesehatan dan gizi, rangsangan pendidikan, pembinaan moral-emosional dan pengasuhan sehingga anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal sesuai kelompok umur;

2. Terlindunginya anak dari segala bentuk kekerasan, penelantaran, perlakuan yang salah, dan eksploitasi dimanapun anak berada;

3. Terselenggaranya pelayanan PAUD secara terintegrasi dan selaras antar lembaga layanan terkait, sesuai kondisi wilayah misalnya di Kabupaten Aceh Besar

4. Teruwujudnya komitmen seluruh unsur terkait yaitu orang tua, keluarga, masyarakat, Pemerintah dan Pemerintah Daerah, kepolisisdan dll dalam upaya pengembangan anak usia dini holistik-integratif.

Dalam kesempatan itu juga Kadisdikbud mengharapkan yang telah mempunyai ilmu dapat mensharing kepada teman-teman guru yang lain, sehingga kualitas bisa merata.

Kegiatan pengimbasan Kabupaten Aceh Besar dilaksanakan selama dua hari, 7-8 Desember 2020 yang diikuti 60 peserta dari perwakilan 5 wilayah.

Sebagai narasumber pertwma, Nurliana Hamsahtun Siregar SPd dengan materi : Problem-Driven Iterative Adaptation ( PDIA), Kepala TK kemala Bhyangkari 02 Brimob.

Narasumber kedua, Nurul Fajriah SPd (Kepala TK Khairani) dengan materi Pembelajaran jarak Jauh ( PJJ ), sedangkan narasumber ketiga, Cut Raisa SPd (Kepala TK Labsite) dengan materi Merdeka Belajar.[]

Related posts