Pengurus MAA Aceh Besar Silaturrahmi dengan Ketua DPRK Aceh Besar

  • Whatsapp

Aceh Besar, Minggu, 11 April 2021, Pengurus MAA Kabupaten Aceh Besar melaksanakan silaturrahmi dengan Ketua DPRK Aceh Besar, Iskandar Ali, S.Pd.,M.Si, di Gampong Klieng Cot Aron, Baitussalam.

Kegiatan silaturrahmi MAA kabupaten Aceh Besar dengan Ketua DPRK Aceh Besar ini bertujuan untuk membangun kesamaan pandang dalam pembangunan bidang adat dan adat istiadat di kabupaten Aceh Besar di masa-masa mendatang.

Dalam temu ramah yang berlangsung dalam suasana santai di bawah rumôh Aceh tersebut, Ketua DPRK Aceh Besar menyatakan sangat mendukung setiap langkah dan upaya untuk memperkuat adat, adat istiadat dan lembaga adat di kabupaten Aceh Besar.

Menurut Iskandar Ali, pimpinan dan anggota DPRK Aceh Besar sendiri saat ini telah sepakat untuk memperkuat adat dan budaya Aceh di kabupaten Aceh Besar dan telah melakukan beberapa langkah awal penguatan adat budaya Aceh seperti penggunaan bahasa Aceh dalam sidang paripurna, penggunaan pakaian atau atribut yang bercirikan keacehan dan lain-lainnya, meski diakui masih terbatas pada bentuk-bentuk simbolis Adat.

Melalui kegiatan silaturrahmi ini ketua DPRK Aceh Besar, mengharapkan dukungan, pendapat, dan saran-saran pengurus MAA Kabupaten Aceh Besar untuk pelaksanaan adat yang lebih substantif, khususnya yang berhungan dengan regulasi penguatan adat dan budaya.

Menyahuti harapan ketua DPRK Aceh Besar, ketua MAA kabupaten Aceh Besar, Asnawi Zainun, SH, menyatakan siap menjadi mitra pemerintah dan DPRK Aceh Besar dalam pembangunan bidang adat dan adat istiadat di Aceh Besar sebagaimana amanah Qanun Aceh Besar Nomor 6 Tahun 2009 Tentang Pembentukan dan Susunan Organisasi MAA kabupaten Aceh Besar.

Asnawi Zainun mengatakan pembangunan sektor adat merupakan bagian penting dari pembangunan daerah secara keseluruhan. Menurutnya MAA kabupaten Aceh Besar memandang adat sebagai identitas bangsa, asset dan investasi masa depan yang perlu dijaga, dipelihara dan dikembangkan.

Pada kesempatan tersebut Ketua MAA kabupaten Aceh Besar juga menyampaikan beberapa program unggulan MAA seperti pembinaan Peradilan Adat Gampông dan Mukim, pengembangan Gampong Percontohan Adat, festival permainan traditional Aceh, penerbitan buku pedoman adat, advokasi kebijakan terkait bangunan publik bercirikan adat Aceh, dan lain-lain, yang diikuti dengan penyerahan dokumen rencana program kerja MAA kabupaten Aceh Besar kepada ketua DPRK Aceh Besar.

Kegiatan yang dimulai dari pukul 11.00 berlangsung hingga menjelang waktu dhuhur dan diakhiri dengan makan siang bersama.[]

  • Whatsapp

Related posts