Peningkatan Kompetensi TIK bagi Guru dan Tenaga Kependidikan di SMPN 1 Simpang Tiga

  • Whatsapp

Komputer ataupun Laptop bukan lagi sesuatu yang baru bagi guru-guru di sekolah. Dan setiap guru harus bisa memanfaatkan perangkat IT untuk dapat menunjang proses pembelajaran disekolah.

Tapi kenyataan dilapangan masih banyak dijumpai guru-guru yang belum mampu mengoperasionalkan perangkat computer ataupun laptop dengan alasan bahwa mereka terkendala masalah usia disertai juga dengan tidak tersedianya perangkat computer atau laptop secara personal.

Berdasarkan kondisi demikian, maka SMP Negeri 1 Simpang Tiga melaksanakan kegiatan IHT bagi guru dan tenaga kependidikan untuk bisa meningkatkan kompetensinya dalam pembuatan perangkat administrasi pembelajaran.

Kegiatan tersebut sangat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan guru dan tenaga kependidikan dalam memanfaatkan IT terkait dengan administrasi dan perangkat ajar.

Bagi pihak sekolah diharapkan dengan dimilikinya kemampuan dalam pemanfaatan TIK dan komputer oleh Guru dapat membantu meningkatkan proses pembelajaran di sekolah.
Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan dengan 2 tahap.

Tahap 1 berlangsung selama bulan Januari sampai dengan bulan Maret sebanyak 9 kali pertemuan. Materi yang disajikan berupa pendalaman Microsoft Word dan Microsoft Excell.

Sedangkan pada tahap 2 akan dilaksanakan pada bulan Juni, Juli, dan Agustus sebanyak 9 kali pertemuan dengan materi Microsoft Power Point dan Pembuatan bahan Ajar berbasis TIK.

Sebagai Narasumber (Aditya Pratama) yaitu Siswa Prestasi Lulusan SMKN 2 Banda Aceh.

Pelaksanaan kegiatan setiap hari Sabtu setelah selesai Proses Pembelajaran.

Kendala dilapangan pasti ada, tetapi semua bisa teratasi dengan kemauan dan kerja keras dari semua Guru dan Tenaga Kependidikan untuk lebih terbiasa dengan memanfaatkan TIK dalam proses pembelajaran.

Untuk mendukung kegiatan ini pihak sekolah memanfaatkan Dana BOS sebagai salah satu bentuk peningkatan kompetensi guru.

“Pelatihan TIK yang dilaksanakan di Sekolah sangat bermanfaat, tidak berbayar dan kami sangat antusias mengikutinya.

Kendala hanya karena kami sudah tidak muda lagi, sehingga narasumber harus bekerja lebih keras untuk mengajari kami” demikian ungkapan dari Ibu Aslamah, S.Pd. selaku Wakil Kepala Sekolah.

Semoga kegiatan ini bermanfaat dan bisa dilanjutkan pada waktu yang akan datang.

Oleh : Dra. Endang Pujiati, Kepala SMP Negeri 1 Simpang Tiga Kabupaten Aceh Besar.

  • Whatsapp

Related posts