Rangkaian Peringatan Hari Ibu, Ketua PKK Aceh Ziarahi Makam Laksamana Keumala Hayati

  • Whatsapp

Aceh Besar-  Sebagai rangkaian peringatan Hari Ibu ke 92 Tahun 2020, Ketua Tim Penggerak PKK Aceh, Dyah Erti Idawati bersama Ketua Dharma Wanita Persatuan, Safrida Yuliani, melakukan ziarah ke makam pahlawan perempuan Aceh, Laksamana Keumala Hayati, Sabtu, (19/12/2020) di Gampong Lamreh, Kecamatan Mesjid Raya, Aceh Besar.

Acara ziarah juga diikuti oleh seluruh pengurus PKK Aceh, Dharma Wanita Persatuan Aceh, dan para ASN di Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Aceh.

Read More





Prosesi ziarah didahului dengan upacara dipimpin Dyah Erti dengan menghadap makam disertai hening cipta untuk mengenang jasa pahlawan perempuan tersebut.

Setelah mengheningkan cipta, Dyah meletakkan karangan bunga di batu nissan makam. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan doa dan penaburan bunga.

Menziarahi makam pahlawan perempuan menjadi kegiatan rutin PKK Aceh saat memperingati Hari Ibu. Dyah memaknai ziarah tersebut sebagai momentum mengilhami ketangguhan perempuan Aceh di masa silam. Ia mengatakan, ketangguhan tersebut harus dapat diteladani oleh perempuan di masa kini, utamanya bagi kaum ibu.

“Kita ingin mengingat kembali perjuangan kaum perempuan Aceh dulu, sehingga dapat menjadi spirit bagi kaum perempuan masa kini untuk terus memperjuangkan kesejahteraan, kemandirian, dan perekonomian Aceh. Hal tersebut merupakan perjuangan yang harus kita galakkan di zaman modern ini,”ujar Dyah Erti.[]

Related posts