Sosialisasi Program BPJS Ketenagakerjaan Dilanud Sultan Iskandar Muda

  • Whatsapp

Aceh Besar – Kepala Cabang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Banda Aceh Awallul Rizal, S.E. M.M., bersama 2 orang stafnya mengadakan sosialisasi program BPJS ketenagakerjaan di ruang Briefing Mako Lanud Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang,Aceh Besar. Jum’at (4/11).

“Saat ini BPJS Ketenagakerjaan menyelenggarakan empat program perlindungan jaminan sosial, yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JK), dan Jaminan Hari Tua (JHT) serta Jaminan Pensiun (JP)”. Keempat jaminan ini diperuntukkan bagi pegawai Pemerintahan, TNI/POLRI, pekerja di perusahaan-perusahaan maupun mandiri,” ujar Kepala Cabang BPJS Banda Aceh.

Read More





Sebagai contoh untuk pekerja bukan penerima upah/Informal, cukup dengan menyerahkan foto copy KTP dan membayar iuran + Rp. 28.600, atau hanya Rp. 953/hari, pekerja akan mendapat perlindungan program jaminan kecelakaan kerja selama pekerja tersebut melaksanakan pekerjaannya. Termasuk risiko yang dialami dalam perjalanan pergi dan pulang kerja serta jaminan kematian yang manfaatnya diterimakan hingga 48 kali gaji yang dilaporkan. Seperti yang telah diatur dalam Pasal 14, Undang Undang No.24 Tahun 2011, bahwa “ Setiap orang, termasuk orang asing yang bekerja paling singkat 6 (enam) bulan di Indonesia, wajib menjadi Peserta Program Jaminan Sosial”.

“Pemberi kerja agar mengikutsertakan para pekerjanya dalam program Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian, Jaminan Hari Tua dan Jaminan Pensiun untuk didaftarkan melalui BPJS Ketenagakerjaan, kecuali Program Pensiun yang pelaksanaannya baru dimulai per 1 Juli 2015,” jelasnya.

Disampaikan juga untuk diketahui bersama, pemberi kerja selain penyelenggara negara, setiap orang, pekerja, dan penerima bantuan, yang tidak mendaftarkan dirinya, pekerjanya dan keluarganya kepada BPJS, atau tidak memberikan data secara lengkap dan benar akan dikenai sanksi administratif. Ditambahkan pula bahwa bagi pekerja penyelenggara negara seperti PNS, TNI, Polri maupun Honor Daerah juga mendapatkan perlindungan jaminan sosial meliputi jaminan kecelakaan kerja (JKK), jaminan kematian (JKM) dan jaminan hari tua (JHT) yang didaftarkan secara bertahap.

Komandan Lanud Sultan Isakandar Muda Kolonel Pnb Mohamad Satriyo Utomo, S.H., dalam sambutannya menyampaikan. Sosialisasi ini tentunya sangat penting bagi kami, untuk menambah pengetahuan dan memberikan informasi terupdate tentang kebijakan-kebijakan baru BPJS Ketenagakerjaan. Harapannya kepada seluruh yang hadir agar dapat menerima sosialisasi ini dengan baik dan memperhatikan apa-apa yang disampaikan oleh tim sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan. “Mengenai hak dan kewajiban peserta, di situ kita harus betul-betul pahami sehingga kita didalam mendapatkan pelayanan dan perlindungan ketenagakerjaan, nantinya sudah paham betul apa yang harus kita lakukan,” pungkas Danlanud.

Acara juga turut dihadiri oleh Kepala Dinas Personel Lanud SIM Letkol Adm Drs. T. Sembiring, M.M., Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 20/D.I Lanud SIM Ny. Reni Satriyo Utomo, S.E., Kepala Sekolah TK. Angkasa Lanud SIM Ibu Ajirna, S.pd., beserta Pengurus Yasarini Cabang Lanud SIM dan Para Guru TK Angkasa Lanud Sultan Iskandar Muda.

Related posts