Takjil On The Road, SMAN 1 Kuta Baro Berbagi Keberkahan di Bulan Suci Ramadhan

  • Whatsapp
  • Oleh : Syarifah Musanna, S.Ag, MA

Aceh Besar,  Bulan Ramadhan disebut dengan syahrun Mubarak telah menyapa kita, tepatnya pada hari Selasa 13 April 2021. Rangkaian kegiatan Ramadhan 1442 H tahun ini, aneka kegiatan dilakasanakan oleh SMAN 1 Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar untuk mengisi kegiatan Dinul Islam dimulai dengan kegiatan tausiyah, tadarus dan tahsin Al-Quran, kajian keislaman, shalat Dhuha hingga berbagi takjil kepada masyarakat sekitar menjelang berbuka puasa.

Pembagian takjil tersebut merupakan bentuk rasa syukur atas segala nikmat yang diberikan oleh Allah Swt dan bentuk kepedulian antar sesama serta meningkatkan rasa ukhuwah Islamiyah. Alhamdulillah kesempatan ini merupakan anugerah terbesar dari Allah SWT kepada kita di tengah pandemi Covid-19 era New Normal dan peluang emas menuai berbagai amal shalih dan kebajikan selama sebulan penuh untuk menjadi insan Muttaqin yang diawali dengan tekad dan Azam yang kuat.

Read More





Abdul syakir, ketua Rohis yang juga mendapatkan kepercayaan sebagai ketua pelaksana kegiatan Takjil on the road mengatakan, kegiatan yang dilakukan oleh pelajar pengurus Rohis SMAN 1 Kuta Baro yang tergabung dalam Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) tersebut antara lain membagikan Takjil dalam bentuk kolak manis untuk para Pengendara yang masih berada di jalan saat waktu berbuka telah tiba.

Pelajar SMAN 1 Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar sangat antusias dalam menjalankan program Dinul Islam bulan Ramadhan meliputi kegiatan Intra kurikuler hingga Ekstra kurikuler dalam seperti mempersiapkan takjil (Kolak Manis) sebanyak 400 takjil dalam sehari selama seminggu yang akan di bagikan kepada masyarakat sekitar dan seluruh pengendara di jalan Blang bintang lama KM.11 Desa Seupe sambil menyapa dengan salam yang penuh ceria dan bahagia setiap harinya.

Kesempatan ini merupakan moment terbaik untuk meraih keberkahan bulan mulia ini sangat diperlukan berbagai persiapan termasuk perencanaan yang matang serta dukungan dari semua pihak untuk melaksanakannya, sehingga berkah Ramadhan bisa kita capai.

Acara Takjil on the road yang diselenggarakan dari pukul 16.30 WIB hingga selesai dirasakan manfaatnya yang membawa berkah tersendiri bagi para pengguna jalan raya dikala jelang berbuka puasa. Perihalnya beberapa pengendara becak dan truck sangat antusias menerima takjil gratis dari pelajar SMAN 1 Kuta Baro disaat menerimanya sambil bertanya dengan menggunakan bahasa Aceh…..dek singeh na gratis lom? Artinya Dek..bagaimana dengan besok apakah masih ada yang gratis lagi?

Kegiatan positif ini semoga dapat menjadi contoh bagi siapa saja di manapun berada ujar Syakir, karena dengan berbagi kita tak akan pernah merugi. Dengan sedikit takjil yang kami bagikan semoga membawa manfaat bagi yang menerima dengan harapan kegiatan ini dapat menginspirasi sekolah lain untuk ikut bergerak dalam kegiatan positif di bulan suci. Pungkasnya (Syakir).

Sementara itu, Kepala Sekolah SMAN 1 Kuta Baro Hayaton, mengatakan, sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Rohis tersebut yang sudah berlangsung selama 3 tahun.

“Saya sangat mengapresiasi dan merasa bangga terhadap siswa pengurus Rohis yang tegabung dalam OSIS dan organisasi lainnya di melaksanakan kegiatan amaliah Ramadhan dengan berbagi berkah Ramadan ini,” Imbuh Hayaton.

Selain itu Rohis juga aktif dalam kegiatan keagamaan misalnya Pesantren Ramadhan dan Buka Puasa bersama. “OSIS ini juga pernah berkontribusi menyalurkan sumbangan untuk para korban Gempa Kabupaten Pidie dan banjir di Aceh Timur,” ungkap Hayaton,

Related posts